MODEL PENGELOLAAN HOMESTAY DENGAN PENDEKATAN KEBERLANJUTAN, KEARIFAN LOCAL DAN BUDAYA, KEHARMONISAN SERTA KETERLIBATAN STAKEHOLDER DI KAWASAN GEOPARK RINJANI DAN KAWASAN GUNUNG API PURBA DESA NGLANGGERAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i10.411Keywords:
Excellent HospitalityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengelolaan homestay dengan pendekatan keberlanjutan, kearifan local dan budaya, keharmonisan serta keterlibatan stakeholder di kawasan Geopark Rinjani Lombok dan Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif ini secara interaktif dan partisipatoris. Pendekatan secara interaktif dan partisipatoris dengan pengelola, masyarakat, stakeholder/pemerintah daerah serta tetap mengedepankan kearifan local di kawasan Geopark Rinjani Lombok dan kawasan gunung api purba Nglanggeran Yogyakarta. Pertama, pendekatan keberlanjutan dalam pengelolaan homestay di kawasan geopark Rinjani Lombok dan kawasan gunung api Nglanggeran, dibutuhkan peran dan keterlibatan tokoh masyarakat, pemuda, dan pemerintahan tingkat desa, kabupaten serta provinsi untuk mengembangkan desa tersebut menjadi desa wisata dengan ketersediaan aksesibilitas serta alam yang mendukung. Kedua, Pendekatan kearifan local dalam pengelolaan homestay di kawasan geopark Rinjani Lombok dan kawasan gunung api Nglanggeran salah satunya model/bentuk bangunan homestay sesuai dengan daerah dimana homestay itu berada. Nilai budaya yang melekat dimasyarakat, masih memegang pada norma-norma yang berlaku di masyarakat setempat. Ketiga, pendekatan keharmonisan dalam pengelolaan homestay di kawasan geopark Rinjani Lombok dan kawasan gunung api Nglanggeran dengan menjalin komunikasi seintens mungkin dengan masyarakat untuk menjaga kondisi alam sebagai potensi desa wisata secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Dan kelima, pendekatan keterlibatan stakeholder/pemerintah, perguruan tinggi, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGO) dalam pengelolaan homestay di kawasan geopark Rinjani Lombok dan kawasan gunung api Nglanggeran untuk peningkatan kapasitas SDM dalam mengelola desa wisata khususnya homestay melalui pelatihan ataupun pengembangan yang lainnya dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan
References
Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.
Eko Murdiyanto, dalam “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa WisataKaranggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Jurnal Sepa Vol. 7 No.2 Februari 2011.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2006.”Principles of Marketing” Eleventh Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi Kesebalas, Alih Bahasa Benyamin Molan, Jakarta : Indeks.
Kotler, Philip; Bowen, John T; Makens, James C. 2010. marketing for Hospitality and Tourism. Pearson.New Jersey.
Kurniati, Apsari Wahyu. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, Volume 1 Nomor 1, Februari 2018: 180-190
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Maheswari A.A. Istri. A, Sariani Ni Luh Putu. Strategi Pengembangan Desa Wisata Dengan Menggunakan Konsep Community Based Tourism (Cbt) Di Desa Sidatapa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Jurnal Kepariwisataan VOL. 17 NO. 2 (2018):
Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata karanggeneng, purwodinangun, pakem, sleman. sepa, Volume 07 No. 02 Hal. 91-101.
Novitaningtyas Ivo, Achsa Andhatu, Rahardjo Budi. Strategi pemasaran desa brajan menuju Desa Wisata Mandiri. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, Vol. 6 No. 3, September 2020 : 591-601
Ratu Cristina, Adikampana I Made. Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 4 No. 1, 2016
Triyanto, Iwu CG, Musikavanhu TB, Handayani RD. 2018. Rural tourism as a way to build Economic Independence. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure 7(4): 1–11.
Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi-Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahab, S., Crampon, L.J., Rothfield, L.M., 1976, Tourism Marketing, Tourism International Press,London.
Wearing, S.L. and Donald, Mc. 2001. ³7KH'evelopment of Community Based Tourism: Re-Thinking The Relationsgip between Tour Operators and Development Agents as intermediaries in rural and isolated area Journal of Sustainable Tourism.
Website resmi Desa Sidatapa. http://sidetapa-buleleng.desa.id/index.php/first diakses pada 27 April 2022
Website Bali Aga Village. http://baliagavillage.com diaksis pada 27 April 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Sultan Hali -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.