HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL MAHASISWA RANTAU DARI INDONESIA TIMUR

Authors

  • Yetty Christin Shandi Manafe Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sri Aryanti Kristianingsih

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v17i10.400

Keywords:

Kata kunci : kecerdasan emosional, penyesuaian sosial, Mahasiswa rantau

Abstract

Mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar dari pulau asal mereka biasanya disebutdengan mahasiswa rantau. Mahasiswa yang berada dalam lingkungan baru, interaksi yang baik akan terjadi apabila mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Mahasiswa rantau yangdatang dari berbagai daerah tentu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang terbentuk dari daerah asal mereka, perbedaan-perbedaan tersebut memerlukan waktu untuk dapat beradaptasi di lingkungan baru. Keberhasilan individu dalam melakukan penyesuaian sosial dapat dicapai melalui kualitas pribadi, termasuk tingkat perkembangan kecerdasan emosionalnya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial mahasiswa rantau yang berasal dari Indonesia Timur. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 74 orang mahasiswa rantau yang berasal dari tiga daerah yaitu Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan Emotional Competence Inventory (ECI) (α= 0,947) dan Social Adjustment to College Questionnaire (SACQ) berdasarkan subskala Social Adjustment(α= 0,907). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara positif antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial (r= 0,637 dan nilai sig. 0,000) yang artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa rantau maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial yang dimiliki mahasiswa rantau yang berasal dari Indonesia Timur.

 

References

Purwito, A. W. A., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penyesuaian Sosial Siswa Boarding School Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Jurnal Empati, 7(2), 722-727.

Amin, M., Patel, P., & Srivastava, A. K. (2016). Emotional Intelligence and Adjustment Among Adolescents. EPRA. International. Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 2(2),113-116.

Barimbing, S. K., & La Kahija, Y. F. (2015). Pengalaman penyesuaian sosial mahasiswa etnis papua di kota semarang. Jurnal Empati, 4(2), 104-113.

Dahrul, A., Eva, N., & Dwiastuti, I. (2021). Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Tahun 2016 dari Daerah Indonesia Bagian Timur. 1(6), 441–446. https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p441

Dara, Y. P., Dewi, S. H., Faizah, F., & Rahma, U. (2020). Penyesuaian Sosial Berdasarkan Adversity Quotient pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(2), 139. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n2.p139-149

Devi, S. P., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa D III Alih Program PKN STAN. Jurnal Empati, 6(4), 169-173.

Goleman, D (2002). “ Kecerdasan Emosional : Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi daripada IQ, Ahli Bahasa : T. Hermaya, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Harian7.Com. (2015). Ratusan Mahasiswa UKSW dan Warga Kopeng Tawuran.Diunduh dari https://www.harian7.com/2015/03/ratusan-mahasiswa-uksw-dan-warga-kopeng.html

Hurlock, E.B (1978). Perkembangan anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Putri, I, N., & Dahlia (2020). Kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial Pada Remaja Etnis Tionghoa di kota Banda Aceh. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1), 48–64.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa fakultas psikologi uksw. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73-84

Riberu, M. Y. P., Lestari, P., & Rochayanti, C. (2015). Model Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Nusa Tenggara Timur Dengan Penduduk Tambak Bayan Yogyakarta Pasca Peristiwa Sebongan. Avant Garde, 3(2).

Singh, S. (2004). Development of a measure of emotional intelligence. Psychological Studies-University of Calicut, 49, 136-141.

Sulistio, W., Wiroko, E. P., & Paramita, A. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial. Jurnal Psikologi, 16(1), 37–44.

Tribun. (2017). Selandia Baru, Partner Indonesia Terbaru di Bidang Pendidikan. Diundah dari https://www.tribunnews.com/dpr-ri/2016/04/26/selandia-baru-partner-indonesia-terbaru-di-bidang-pendidikan.

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984) Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31, 179-189.

Downloads

Published

2023-05-27

Issue

Section

Articles