PENGARUH KONTEN VIDEO TIKTOK @aulion TERHADAP PERILAKU KREATIF MAHASISWA

Authors

  • Vira Aulia Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yanti Tayo Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Luluatu Nayiroh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i11.40

Keywords:

Media Sosial Instragram, Perilaku Kreatif, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui bagaimana dampak mahasiswa menonton konten video TikTok @aulion terhadap perilaku kreatif mahasiswa dalam membuat konten video. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian ialah mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang. Hasil dari  analisis regresi linear sederhana bahwa penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap perilaku kreatif mahasiswa berdasarkan F hitung 21.638 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh anatara penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku kreatif mahasiswa. Hasil uji persial (T) pada frekunesi dan atensi berpengaruh signifikansi  terhadap perilaku kreatif mahasiswa sedangkan durasi tidak berpengaruh signifikansi terhadap perilaku kreatif mahasiswa. Hasil uji koefisiensi determinasi (R²) adanya pengaruh antara penggunaan media sosial TikTok dengan perilaku kreatif mahasiswa sebesar 38,9%. Media sosial TikTok sebagai variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu perilaku kreatif mahasiswa.

References

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Putri Iva Izzati, penerjemah.

Bagus Prianbodo. 2018. Pengaruh “Tik Tok” Terhadap Kreativitas Remaja Surabaya [Skripsi]. Surabaya (ID): Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Hendra Safri. 2015. Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Pelatihan. Journal Muamalah. Vol 5, No 2 2015.

Asrianti, Shelbi. 2020. Tik Tok Bantu Salurkan Kreativitas Di Masa Karantina. TikTok Bantu Salurkan Kreativitas di Masa Karantina | Republika Online (Diakses pada tanggal 1 Februari 2021).

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikas Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ardianto, Elvinaro, dkk. 2017. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Grace Erta Annastasia. 2020. Pengaruh Konten Prank Dalam Youtube Terhadap Sikap Negatif Mahasiswa Universitas Sumatera Utara [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Conney Stephanie. 2021. Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. [Diakses pada tanggal 11 Juni 2021]. Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap Halaman all - Kompas.com

Yuliani Resti Fauziah. 2019. Konsep Diri Remaja Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Kota Bandung [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Komputer Indonesia.

Nanang Dwi Cahyono. 2019. Perilaku Kreatif Masyarakat Nelayan Di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi [Skripsi]. Jember (ID): Universitas Jember.

Zelika Aprilia, dkk. 2017. Persepsi Tentang Perayaan Pengucapan Syukur Minahasa (Studi Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa Luar Sulawesi Utara Di Fispol Unsrat). E-Journal “Acta Diurna”. Volume VI. No 1. Tahun 2017.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles