PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA KREDIT SERTA FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL NASABAH TERHADAP KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS NASABAH
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i10.399Abstract
Keberhasilah suatu bank dinilai dari dari bagaimana dana dipertahankan dan dikembangkan. Dalam pemasaran, ada proses yang dinamakan tingkah laku pasca pembelian yang didasarkan rasa puas dan tidak puas. Hubungan ini terletak pada ekspektasi nasabah dengan produk yang diterima. Jika produk tidak memenuhi harapan nasabah maka nasabah merasa tidak puas. tetapi bila melebihi harapan nasabah maka nasabah akan merasa puas dan melakukan pembelian kembali.Terkait dengan pemberian kredit konsumsi pada nasabah khususnya nasabah bekerja sebagai karyawan seperti pegawai anggota koperasi, PNS, pegawai swasta dan lainnya, mengkoreksi salah satu persyaratan bank dalam menilai kondisi debitur yaitu dalam hal collateral (jaminan khususnya agunan) tidak menjadi persyaratan dalam pemberian kredit Multiguna Tanpa Agunan (MTA) kepada nasabah.Dalam penelitian ini dilakukan analisis statistik menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang mempunyai skala pengukuran ordinal dan untuk memenuhi syarat data yang digunakan sekurang-kurangnya mempunyai tingkat pengukuran interval pada estimasi model menggunakan pendekatan maximum likelihood pada Lisrel, data yang dikumpulkan dari kuisioner terlebih dahulu ditransformasikan menjadi skala interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Dalam kinerja bauran pemasaran jasa kredit MTA, Bank Fokus dirasakan oleh nasabah sebagai bank yang lebih menarik nasabah pada aspek harga. 2) Pada aspek kelompok acuan yaitu pengaruh rekan sekantor/atasan kepada nasabah pada saat pengajuan kredit MTA yang terbanyak direspon oleh individu nasabah adalah pada Bank Fokus. Untuk faktor internal, Bank Lain pemberi kredit merupakan bank yang dinilai nasabah banyak merespon dan memahami faktor usia dan faktor gaya hidup. Motivasi dari nasabah merupakan alasan utama nasabah mengajukan kredit kepada Bank Lain, sementara faktor kepribadian nasabah lebih direspon di Bank Fokus. 3) Dimensi bauran pemasaran jasa kredit mempunyai hubungan yang erat dengan faktor eksternal dan internal individu nasabah. 4) Variabel eksogen yang mempunyai pengaruh terbesar pada kepuasan nasabah adalah aspek bauran pemasaran jasa kredit. 5) Adanya pengaruh yang bermakna dari ketiga variabel tersebut secara parsial diperoleh pengaruh terbesar adalah variabel kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Secara simultan, dapat disampaikan bahwa perpaduan antara aspek-aspek dalam variabel bauran pemasaran jasa, pemahaman faktor eksternal dan internal disertai dengan rasa puas nasabah pada gilirannya akan mencerminkan keloyalitasan nasabah di Bank Fokus apabila bank tersebut dapat memenuhi aspek-aspek bauran pemasaran jasa kredit dan pemahaman faktor eksternal maupun internal individu nasabah secara memadai
References
Barone and Quantara. 2008. ”Banking Competition, Switching Costs and Customer Vulnerability: The Case of South Italy”, The Icfai Journal of Behavioural Finance, Vol. 5., No. 1
Craven, David W. 2003. Strategic Marketing six edition. Irwin-Mc Grow-Hill Hall. New York.
Farid Subkhan. 2007. Menjaga dan Meningkatkan Loyalitas Nasabah, Strategi Mendongkrak Profit. www. Infobanknews.com . Jakarta.
Griffin, Jill. 2002. Customer Loyality : How To Earn It, How To Keep It.. Mc. Graw Hill. Kentucky.
Hawkins ID, RJ Best and KA Conney. 2001. Consumer Behaviour : Building Marketing Strategy. Prentice Hall. Singapore.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2003. Marketing Management : the Millenium Edition. Prentice Hall. New Jersey.
Hermawan Kertajaya, Hooi Den Huan, and Sandra Liu. 2005. Rethinking Marketing, sustainable market-ing enterprise in asia edisi bahasa Indonesia. Pearson Prentice Hall. Jakarta.
Umbas Krisnanto. 2005. Pengaruh Lingkungan Sosial Individu dan Bauran Jasa Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah serta Dampaknya bagi ketergantungan Nasabah. Disertasi: Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran Bandung.
Masruchin. 2005. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa dan Faktor Eksternal & Internal Individu terhadap Tingkat Keyakinan Pemanfaatan Fasilitas Kesehatan Serta Implikasinya terhadap Nilai Jasa Asuransi Kesehatan. Disertasi : Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung.
Marketing Research Indonesia. 2007. Marketing Communication Performance and Customer Loyalty. Journal Info Bank. Jakarta.
Puspito H. 2005. Hubungan Persepsi Pelanggan pada Perbankan terhadap Tingkat Loyalitas. Info Bank : Analisis Strategi Perbankan dan Keuangan Nomor 315 Juni 2005 Vol. XXVII. PT Infoarta Pratama. Jakarta.
Ratih Hurriyati. 2004. Pengaruh Program Bauran Pemasaran Jasa dan Karakteristik Individu terhadap Keunggulan Bersaing dan Kesetiaan Nasabah serta Dampaknya Terhadap Nilai Transaksi Penggunaan Kartu Kredit (suatu survei di Jakarta dan Kota Bandung). Disertasi Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung.
Schijns, Jos M.C. 2003. Loyalty and Satisfaction in Physical and Remote Service Encounters, Research Presented at DMEF Educator’s Conference. The Nederland’s.
Sucherly, dkk .2002. Kepuasan dan Kesetiaan Nasabah Terhadap Pelayanan Jasa Bank. Kerjasama Bank Jabar dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bisnis UNPAD Bandung.
Suganda UK. 2005. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Simpanan Bank terhadap Keunggulan Bersaing, serta Implikasinya terhadap Loyalitas Nasabah. Disertasi : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
Suryaman. 2007. Pengaruh Kinerja Operasi penyampain Jasa dan Citra Bank Inplikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah. Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tessa Anggraini Dyantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.