PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • I Wayan Seriada SMA Negeri 2 Bangli, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i11.39

Keywords:

Metode diskusi kelompok, dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar biolgi siswa terutama kelas XII IPA 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 2 Bangli yang jumlahnya 26 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 10 orang perempuan pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Obyek penelitian pada penelitian adalah hasil belajar biologi siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar biologi dari prasiklus ke siklus I sebesar 9,62 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 15 poin dan siklus I ke siklus II sebesar 5,38 poin. Terjadi juga peningkatan ketuntasan belajar klasikal, pada prasiklus ketuntasan belajarnya 53,85%, siklus I 65,38% dan pada siklus II menjadi 92,31%. Berdasarkan atas hasil analisis data ini penerapan  metode diskusi kelompok dapat  meningkatkan hasil belajar biologi siswa sehingga untuk perbaikan proses pembelajaran dapat menginplementasikan metode diskusi kelompok.

References

Arikunto, Suharsisni. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Desiyanti (2014). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Gantung Pengayuh Kecamatan

Seruyan Tengah Tahu Pelajaran 2014/2015. From http://www.umpalangkaraya.ac.id/perpustakaan

/digilib/files/disk 1/6/123-dfadf-minarnides-287-1-bab 1-5.pdf, 5 Juli 2015

Gayatri (2009).Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Sambi 4 Tahun Pelajaran 2009/2010.From https://core.ac.uk/download/pdf/16507744.pdf, 5juli2015

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Rajaguguk(2013). Metode diskususi kelompok meningkatkan hasil belajar Siswa kelas V SDN 18 Kwala mandor. B. From

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=112397&val=2338,5 Juli 2015

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles