PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v16i11.39Keywords:
Metode diskusi kelompok, dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar biolgi siswa terutama kelas XII IPA 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustis. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 2 Bangli yang jumlahnya 26 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 10 orang perempuan pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Obyek penelitian pada penelitian adalah hasil belajar biologi siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar biologi dari prasiklus ke siklus I sebesar 9,62 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 15 poin dan siklus I ke siklus II sebesar 5,38 poin. Terjadi juga peningkatan ketuntasan belajar klasikal, pada prasiklus ketuntasan belajarnya 53,85%, siklus I 65,38% dan pada siklus II menjadi 92,31%. Berdasarkan atas hasil analisis data ini penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa sehingga untuk perbaikan proses pembelajaran dapat menginplementasikan metode diskusi kelompok.References
Arikunto, Suharsisni. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Desiyanti (2014). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Gantung Pengayuh Kecamatan
Seruyan Tengah Tahu Pelajaran 2014/2015. From http://www.umpalangkaraya.ac.id/perpustakaan
/digilib/files/disk 1/6/123-dfadf-minarnides-287-1-bab 1-5.pdf, 5 Juli 2015
Gayatri (2009).Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Sambi 4 Tahun Pelajaran 2009/2010.From https://core.ac.uk/download/pdf/16507744.pdf, 5juli2015
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Rajaguguk(2013). Metode diskususi kelompok meningkatkan hasil belajar Siswa kelas V SDN 18 Kwala mandor. B. From
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=112397&val=2338,5 Juli 2015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Wayan Seriada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.