BAURAN MARKETING 7P ONLINE SHOP SEBAGAI STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA RACELLIN EYEWEAR)

Authors

  • Puji Nastiti Rochania Diponegoro University

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v17i11.386

Keywords:

Pandemi COVID-19, bauran pemasaran 7P

Abstract

Abstrak

Pandemi COVID-19 mulai merebak di seluruh dunia mulai sekitar Januari 2020 dan terkonfirmasi masuk ke Indonesia sekitar pertengahan Maret 2020 membuat banyak sektor kehidupan masyarakat terdampak dan mengalami perubahan termasuk dampak disruptif bagi hampir semua aspek bisnis baik online maupun offline. Terkait hal tersebut, maka dilakuan penelitian yang berfokus pada strategi bauran pemasaran penjualan online dengan subjek Rachelin Eyewear. Toko online kacamata tersebut menjalani bisnis selama beberapa tahun sebelum hingga memasuki masa pandemi, mereka tetap mengalami dampak dari peristiwa tersebut sehingga memaksa mereka untuk membuat strategi-strategi baru atau menambah kelebihan mereka dalam menjaring konsumen. Hasil dari penelitian tentang yaitu mereka mulai mengunggulkan produk-produk lensa untuk konsumen yang bekerja did epan layar laptop mapupun HP lebih sering, mengedukasi konsumen tentang pentingnya memakai lensa anti radiasi, atapun memberikan diskon-diskon special di setiap kesempatan. Tidak hanya itu, pengiriman produk dari luar negeri juga mulai dibatasi sehingga mereka berusaha memaksimalkan distributor dari dalam negeri.  Upaya-upaya yang dilakukan Racelin Eyewear sepanjang tahun 2020 merupakan upaya agar toko mereka tidak gulung tikar dan masih mendapatkan pendapatan di tengah terpaaan COVID-19 melalui berbagai upaya serta perluasan-perluasan yang memungkinkan mereka untuk bertahan.

Kata kunci: 

References

Adhani, L.K., Dharmastiti, R., Trapsilawati, F. (2020). Pengaruh Waktu Sebelum dan Selama Pandemi COVID-19 terhadap Perilaku Konsumen Belanja Online. PROSIDING INDUSTRIAL ENGINEERING CONFERENCE (IEC)

Bilson, Simamora. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Bahtiar, Rais Agil. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Serta Solusinya. Info Singkat. 13(10): 19-24.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, ‘PrinsipPrinsip Pemasaran’, in Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2016), p. 27

Kotler, Philip dan Keller, (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication.

Moleong, L. J.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton, Michael Quinn. Two Decades of Developments in Qualitative Inquiry: A Personal, Experiential Perspective. Qualitative Social Work. 2002;1(3):261-283. doi:10.1177/1473325002001003636

Pradana, Mahir., (2015)., Klasifikasi Jenis-jenis e-Commerce di Indonesia. Jurnal Neo-bis 9(2):32-40.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Grasindo. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Riyantie, M., Alamsyah., Pranawukir, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa melalui Digital Marketing di Era Pandemi COVID-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 20(2):255-267.

Wahyuningsih, Sri. (2013). Metode penelitian studi kasus. Madura: UTM Press.

Data Katadata:

https://katadata.co.id/umkm

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles