STRATEGI PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE POSE DI HOMESTAY BALE KEMBANG KUNING DAN ROEMAH RENJANA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i9.367Keywords:
POSE, Media Pemasaran, Sosial Media, Homestay, Strategi PemasaranAbstract
Pada era teknologi yang sangat maju saat ini, bermunculan banyak strategi pemasaran dengan menggunakan berbagai media untuk mempromosikan akomodasi penginapan di Indonesia. POSE (Paid Media, Own Media, Sosial Media, Endorse) menjadi salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan penginapan yang ada di Indonesia. Pemanfaatan POSE (Paid Media, Own Media, Sosial Media, Endorse) dalam memasarkan penginapan menjadi salah satu strategi yang cukup efektif dalam memasarkan produk dan jasa yang disediakan di akomodasi penginapan yang ada di Indonesia. Pemanfaatan memasarkan melalui media menjadi salah satu hal yang sangat efektif jika dilakukan dengan strategi yang tepat khususnya dengan penginapan non berbintang seperti guest house, homestay, dan penginapan non bintang lainnya yang memiliki kendala dalam mencari media yang murah, tepat dan efektif. POSE (Paid Media, Own Media, Sosial Media, Endorse) menjadi salah satu strategi yang cukup tepat, murah dan efektif untuk penginapan non berbintang.
References
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.
Ardani, E. G. (2020). Komunikasi Pemasaran Hotel seiring bertumbuhnya Homestay Daring: Kasus Hotel Berbintang di Jawa. Bisnis Event, 1(2), 35-42.
Asteria, P. V., Rohmah, S. K., & Renhoran, F. Z. (2017). Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 150-155.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Chotijah, S. (2017). Positioning Lombok Sebagai Destinasi Wisata Halal Di Indonesia (Comparative Study Lombok Dengan Berbagai Destinasi Halal Di Indonesia). Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01).
Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.
Fairuziah, A. K., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Analisis Pelaksanaan Diklat Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 66-75.
Hamdani, A., Suarka, F. M., & Sari, N. P. R. (2019). Persepsi karyawan terhadap sistem pelatihan di the patra bali resort & villas. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 2(3), 33-55.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Haryono, S. (2016). Strategi Pemasaran Wisata Bahari dengan Pendekatan Dot, Bas dan Pos.
https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html. (2022). Kunjungan Wisatawan Di Indonesia.
Ilham, I., Frank, S. K. A., Flassy, M., Muttaqin, M. Z., Idris, U., & Yunita, D. I. (2021). HJIIR MENTUK: POTENSI KULINER LOKAL OLAHAN MASYARAKAT KAMPUNG TOBATI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA JAYAPURA. Jurnal Pariwisata Pesona, 6(2).
Inayah, S., & Wahyono, B. (2019). Penanggulangan Tuberkulosis Paru dengan Strategi DOTS. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(2), 223-233.
Kirana, C., & Wahyuningsih, D. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN HOMESTAY DI PANGKALPINANG DENGAN METODE DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(1), 01-05.
Lasibey, A. A. (2020). Pengelolaan Homestay Lopo Mutis Di Desa Wisata Fatumnasi. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 3(1), 43-51.
Mulyadi, B. (2018). Analisis Hubungan Strategi Komunikasi Pemasaran dan Tingkat Pendapatan Homestay di Kabupaten Karo. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 6(2), 37-50.
Pratiwi, A. N., Zulfa, B. K., Permatasari, D. A., Maharani, L. J., & Helyanan, P. S. (2021). Strategi Pengelolaan Homestay Melalui Penerapan Chse dan Pemanfaatan Digitalisasi Media Sosial di Desa Wisata Purwosari. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 2(4), 170-176.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Rusydi, A. (2018). Manajemen pemasaran. Alfabeta Bandung.
Santi, F. U., & Tristanti, T. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Homestay di Desa Wisata. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 45-53.
SAPUTRA, I. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ACEH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS.
Siregar, G. T., & Sihite, I. P. S. (2020). Penegakan Hukum Pidana bagi Pelaku Penyebar Konten Pornografi di Media Sosial ditinjau dari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 3(1), 1-11.
Suflarruddin, S. H., Jaafar, M., & Rahman, S. (2021). Keupayaan Pelaksanaan Inovasi Produk dalam Program Homestay di Semenanjung Malaysia. Jurnal Pengurusan, 61, 109-120.
Teddy, T. (2021). E-Marketing (Pemasaran Jasa & Pemasaran Digital).
Umar, R., & Sudrajat, A. F. (2017). Penerapan cloud computing pada sistem reservasi homestay Dieng berbasis web. Query: Journal of Information Systems, 1(2).
Vita, G. V. (2018). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT PEMBELI PADA TOKO DUTA HIJAB BANDAR LAMPUNG UIN Raden Intan Lampung].
Wijaya, P. Y., & Suasih, N. N. R. (2020). Peran Local Celebrity Endorsement pada Iklan di Media Sosial Terhadap Pembelian Produk Kuliner di Provinsi Bali pada Masa Stay Home Akibat Pandemi COVID-19. Jurnal Bisnis Strategi, 29(2), 119-133.
Wijayanti, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus di Appleblossom Purwokerto) IAIN Purwokerto].
Wikipedia. (2022). Strategi. Retrieved 08 Mei 2022 from
Zuhri Piliang, A. (2021). Pertanggungjawaban Hukum Pemilik Produk Dalam Menggunakan Jasa Endorse Yang Dipasarkan Melalui Media Sosial UMSU].
The ASEAN Secretariat, Public Outreach and Civil Society Division of The ASEAN Secretariat . (2016). ASEAN Homestay Standart. Jakarta. The ASEAN Secretariat
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoshua Richard Agustinus Lesnussa, Muhammad Husni HM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.