ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE GILI TRAWANGAN LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i10.347Keywords:
Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Keputusan Mengunjungi, Gili Trawangan LombokAbstract
Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai cara untuk berbagi informasi, pengalaman, atau opini tentang produk atau layanan melalui media digital saat ini dianggap lebih efektif dalam mempromosikan sebuah destinasi pariwisata. eWOM diberikan oleh pelanggan kepada pelanggan lain atau calon pelanggan dengan tujuan memberikan saran atau pandangan mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan produk atau layanan tertentu. Keberadaan Electronic Word of Mouth (eWOM) membantu memperkuat keputusan untuk mengunjungi sebuah destinasi pariwisata karena eWOM dianggap sebagai sumber informasi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap citra merek dan keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan Lombok, dan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan Lombok. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden. Kuesioner didistribusikan melalui purposive sampling kepada wisatawan domestik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi, citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk mengunjungi melalui citra merek. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk manajemen Gili Trawangan Lombok untuk meningkatkan penggunaan eWOM sebagai alat pemasaran dan memperkuat citra merek Gili Trawangan. Keputusan untuk mengunjungi Gili Trawangan sangat dipengaruhi oleh Electronic Word of Mouth (eWOM), sehingga manajemen Gili Trawangan harus mempertimbangkan untuk memperluas pemasaran melalui media sosial.
References
Ariyanto, M. Z. (2018). “Pengaruh Electronic Word-of-Mouth dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung melalui Minat Berkunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Obyek Wisata Pulau Panjang). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Firmansyah, Herry. 2017. Pengaruh Customer Value, Word of Mouth, dan Trust Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta. Other thesis. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Hawkins, D.I., & Mothersbaugh, D.L. (2010). Con-sumer Behavior: Building Marketing Strategy (11th ed.). New York: McGraw-Hill.
Isnaini, Putri Rizkiah dan Abdillah, Yusri. 2018. Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 55 No. 2.
Maretama, A. R. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Image dan Brand Switching (Survei pada Mahasiswa Pengguna Operating System Android di Universitas Brawijaya. Malang: Universitas Brawijaya.
Murdana,I.M. (2019). Pendekatan Unique Poin Selling (UPS) DLM Reformulasi Strategi Pemasaran Pulau Gili Trawangan Pasca Gempa. Jurnal GARA, Vol.13 No.1.
Purnawan, Ni Luh Ramaswati. 2019. Pengaruh EWOM Terhadap Brand Knowledge Wisatwan Tentang Destinasi Wisata Bali. Disertasi. Denpasar: Universitas Udayana.
Rachmi, I. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Atribut Produk Wisata, Word of Mouth, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Bukik Chi Nangkiak. Kabupaten Solok).
Ridho, Ryswaldi. 2019. Analisis Pengaruh Social Media Usage, Ewom, Third Party Recognition, Dan Legal Framework terhadap Purchase Decision Involvement dengan Mediasi Variabel Trust Pada Traveloka. Masters Thesis. Padang: Universitas Andalas
Venessa, I. dan Arifin, Z. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 51 No. 1.
Wicaksana, I.P.W., Suryawardani, I.G.A.O., dan Dewi, R.K. 2020. Pengaruh Brand Destinasi Terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara pada Agrowisata Ceking Rice Field Terrace di Bali. E-Journal of Tourism. Volume 7 Nomor 2.
Yanti, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, Volume 11 Nomor 1.
Yohana, Monica. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Brand Image, Trust Dan Keputusan Berkunjung Ke Kampung Tridi Malang. Thesis. Universitas Udayana Bali
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasnia Minanda Hasnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.