PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA WAITER/WAITRESS

STUDI KASUS HOTEL ALL SEASONS DENPASAR BALI

Authors

  • Rizal Kurniansah Universitas Mataram
  • Masrun Masrun Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v17i11.345

Keywords:

Motivasi, Kerja, Kinerja, Keryawan

Abstract

Setiap perusahaan mengakui bahwa keberlangsungannya dimasa depan tergantung pada sumber daya manusia. Tanpa mempunyai sumber daya manusia yang mampu bersaing, sebuah perusahaan akan mengalami kemunduran karena ketidak mampuan dalam menghadapi persaingan. Perusahaan harus selalu memberikan motivasi untuk meningkatkan  kinerja karyawannya sehingga mampu memberikan kontribusi yang terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Hotel All Seasons Denpasar Bali. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis determinasi, dan uji-t dengan level of significant 5 persen.

Berdasarkan simpulan dari penelitian ini adalah dari hasil analisis regresi linier sederhana antara motivasi kerja dengan kinerja karyawan diperoleh persamaan Y = 33,693 + 0,585X, jika terjadi perubahan pada variabel X maka variabel Y juga akan terjadi perubahan, Hal ini menunjukkan bahwa terjadi pola pengaruh secara signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja karyawan di Hotel All Seasons Denpasar. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,632 yang menunjukkan bahwa antara variabel motivasi kerja dengan variabel kinerja terdapat hubungan yang  tinggi. Hal itu juga dapat dilihat dari besarnya pengaruh antara variabel motivasi kerja dengan kinerja karyawan di Hotel All Seasons Denpasar Bali dengan nilai koefisien determinasi sebesar 40 persen dan sisanya 60 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan analisis statistik yang menggunakan uji t, membuktikan bahwa pada level of significant 5 persen, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima, Karena nilai  6,877 lebih besar dari nilai 1,671. Dengan kata lain motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan di Hotel All Seasons Denpasar Bali.

Terkait dengan kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada pihak manajemen Hotel All Seasons Denpasar Bali untuk terus memberikan motivasi terhadap karyawannya sehingga kemauan untuk bekerja bagi karyawan akan terus meningkat, serta dapat memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan perusahaan. Dalam meningkatkan kinerja,  perlu dicari alternatif lain selain motivasi kerja, misalnya dengan melaksanakan program pendidikan dan pelatihan bagi pegawai guna menambah keterampilan dan pengetahuan sumber daya manusia serta untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan.

References

Gupta, S. (2011). Statistical methods. New Delhi: Vikas Publishing House.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Sastrohadiwiryo, B Siswanto. 2001. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia pendekatan administrasi dan operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito

Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Wirawan, Nata. 2002. Statik 2 Untuk Ekonomi dan Bisnis : Keraras Emas

Wursanto, I G. 1988. Dasar-Dasar Manajemen Personalia. Jakarta : Pustaka.

Downloads

Published

2023-06-14

Issue

Section

Articles