PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH BIRO UMROH PADA MASA PANDEMI ( UMROH NEW NORMAL) DENGAN VARIABEL INTERVENING NIAT BELISTUDI KASUS PADA ALUMNI JAMAAH UMROH PT RIMA KARYA MANDIRI

Authors

  • Abdullah Munawar Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Diponegoro Semarang Indonesia
  • Reni Shinta Dewi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Diponegoro Semarang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i11.34

Keywords:

Media Sosial, Perilaku Konsumen, Niat Beli, Pandemi, Umroh New Normal. Konsumen

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada semua lini kehidupan termasuk dunia umroh yang rentan akan perubahaan infromasi regulasi maupun buka tutupnya ibadah umroh. Media sosial sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggannya maupun calon pelanggannya karena era sekarang adalah era dimana semua orang adalah media sehingga perusahaan bisa langsung mengetahui dan merespon tanggapan dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosialterhadap perilaku konsumen dalam memilih biro umroh pada masa pandemi ( Umroh New Normal) dengan variabel intervening niat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Expalantory Research.. Sampel dalam peelitian ini adalah alumni jamaah umroh PT Rima Karya Mandiri yang berjumlah 133 orang. Teknik analisa data menggunakan soffware SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan 1). Media Social tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. 2) Media social berpengaruh terhadap niat beli. 3). Niat beli berpengaruh terhadap perilaku konsumen. 4). Niat beli mampu memediasi pengaruh media social terhadap perilaku konsumen. Saran penelitian ini adalah biro umroh menggandeng konsultan digital marketing agar dapat memaksimalkan media sosial dan biro umroh dapat fokus pada media sosial instagram dan whatsapp dengan membuat quote off the day.

References

Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. In International Journal of Strategic Innovative Marketing (Vol. 3, pp. 117–191).

Alodokter. (2020). Virus Corona.

Aryadhe, Trisdayana & Suryani, Alit & Sudiksa, I. bagus. (2018). PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. 7(3), 1452–1480.

Batampos.co.id. (2020). New Normal, Harga Paket Umrah Bisa Melambung. https://batampos.co.id/2020/06/11/newnormal-harga-paketumrah-bisamelambung/

CNN, I. (2020). Rugi Bandar RI dan Arab Saudi karena Penghentian Visa Umrah. http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/ 20200228124625-92-479046/rugibandar-ri-dan %09-arab-saudi-karenapenghentian-visa-umrah

Ghozali, I. (2021). Patial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.2.9 untuk penelitian Empiris (3rd ed.).

Halloriau.com. (2020). Bila Dibuka dengan Prosedur New Normal, Biaya Umrah Bisa Naik hingga 40%. https://www.halloriau.com/readtravelin g-131092-2020-06-11-bila-dibukadengan-prosedur-new-normalbiayaumrah-bisa-naik-hingga-40.html

Kotler, Phlilip and keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

MENKES. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Muhammad, A. (2014). Informasi Literacy Skills: Penelusuran Informasi Online. Makasar Alauddin UNiversity Press.

Nasrullah, R. (2020). Media Sosial. PT Remaja Rosdakarya.

Prasetijo, Ristiyanti & Lhalauw, J. J. O. . (2005). Perilaku Konsumen.

Rendi. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Makanan Fast Food Ayam Goreng. Jurnal Ilmu Administrasi FISIP UNiversitas Riau, 3(0), 0.

Solis, B. (2010). Engage! The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. In International Journal of Advertising (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.2501/S0265048710201300

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

tirto.id. (2020). Jurus Travel Haji &Umrah Hadapi Corona: PHK hingga Reseller Produk. https://tirto.id/jurus-travel-haji-umrahhadapicorona-phk-hingga-resellerproduk-fE9H

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles