PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DAN SISWA SMA YANG GEMAR MENONTON DRAMA KOREA

Authors

  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Tri Umari Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau
  • Nahdatul Fitri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i8.337

Keywords:

Penyesuaian Diri, Penggemar Drama Korea

Abstract

Penggemar drama Korea kebanyakan adalah mahasiswa. Menonton drama Korea juga berdampak pada sikap dan perilaku mahasiswa salah satunya berdampak pada penyesuaian diri mahasiswa di kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri siswa yang gemar menonton drama Korea ditinjau dari kematangan emosi, kematangan intelektual, kematangan sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 102 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dari responden dengan mengisi instrumen skala penyesuaian diri. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyesuaian siswa yang gemar menonton drama Korea terdapat 3 (tiga) aspek penyesuaian pada kategori sedang yaitu kematangan emosi, kematangan intelektual, dan tanggung jawab, kemudian 1 (satu) aspek penyesuaian pada kategori rendah. kategori, yaitu aspek kematangan sosial. Oleh karena itu, mahasiswa yang memiliki kematangan sosial kategori rendah perlu diberikan perlakuan untuk meningkatkan kematangan hubungan sosial di kampus.

References

Adita, W. B. D. R., Rosmawati, R., & Yakub, E. (2018). Perilaku Kecanduan Menonton drama Korea dan Hubungan Sosial Pada Siswa Smpn 13 Pekanbaru. Jom Fkip, 5.

Agustina. Prasisca. 2013. Dampak Tayangan (Drama Korea) “Boys Before Flowers” Di Televisi Dalam Perubahan Sikap Dan Perilaku Remaja (Studi Efek Media Massa pada Anak-Anak Remaja di SMPN 1 Tenggarong. eJournal Ilmu Komunikasi. 1 (3): 249-262.

Alimudin, M., Yuline, Y., & Wicaksono, L. Analisis Dampak Menonton drama Korea terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS N 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaha Rosdakarya.

Fitria, R., Marsidin, S., & Nirwana, H. (2016). Hubungan Persepsi siswa tentang budaya sekolah dan motivasi belajar dengan penyesuaian diri siswa. Konselor, 3(4), 139-146.

Herpina dan Amri, Amsal. 2017. Dampak Ketergantungan Menonton drama Korea Terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Jurnal ilmiah mahasiswa FISIP Unsyiah, 2 (2), 1-13

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32-37.

Negi, Sunder Kala. Rajkumari, Yaina., & Rana, Minakshi. 2022. A deep dive into metacognition: Insightful tool for moral reasoning and emotional maturity. Neuroscience Informatics, 2 (2022), 1-6

Nurismawan, S., & Winingsih, E. (2020). Penerapan Konseling Individu Strategi Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Menonton drama Korea pada Peserta Didik Kelas X MIA 7 SMA Negeri 2 Lamongan. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Perdana.A., Akbary. M.F., Kusuma. R.G., dan Ardina. S. (2021). Analisis dampak fenomena konsumerisme budaya korea : K-Drama bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Prabowo, T., Isnaeni, Y., Kp, S., Kep, M., & Kom, S. (2021). Dampak Menonton drama Korea Tehadap Identitas Diri Remaja: Literature Review (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 256-269.

Rahayu, T. S., Wahyudi, R. C. I., Haqiqi, R. F., Lestari, R. A., Kamilah, T. I., & Anzari, P. P. (2021). Pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(8), 959-966.

Ramlah, R., Suparman, A. R., & Larasati, C. N. (2019). Dampak Perilaku Kecanduan Tayangan Drama Korea terhadap Prestasi Belajar Kimia Remaja Usia 17 Hingga 19 Tahun Di SMA Negeri 1 Manokwari. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 2(1), 99-105.

Schneiders. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental : Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset

Suara.Com. 2022. “Drama Korea makin disukai Banyak Orang, Industri Film Holllywood Kian Tergusur”. https://www.suara.com/bisnis/2022/03/28/144928/drama-korea-makin-disukai-banyak-orang-industri-film-hollywood-kian-tergusur. Diakses 17 Mei 2022)

Ulfa, S. A. (2017). Perbedaan Kematangan Emosi Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Remaja di SMAS Sinar Husni Medan. Jurnal Diversita, 3(2), 33-39.

Downloads

Published

2023-03-12

Issue

Section

Articles