PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Nuryati Ismit Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Dana Arif Lukmana Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i8.332

Keywords:

Self-Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui self-efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Ternate. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket self-efficacy dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasrkan analisis data angket dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika, didapatkan bahwa hasil penelitian menujukan nilai Sig. sebesar 0.003. oleh karena itu 0.003 < 0.05 maka ditolak dan diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Bentuk umum persamaan regresi yang dibentuk yaitu 88.117 + 0.64 yang berarti bahwa setiap perubahan satu satuan dari X akan diikuti perubahan Y sebesar 0.64. Koefisien determinasi (R square) 0.186 menujukan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 18,6%. Hal ini menujukan bahwa 18,6% kemampuan pemecahan masalah matematika dipengaruhi oleh self-efficacy sedangkan 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Anshari, H. Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Tanah Harapan Medan. Tesis. Medan: Universitas Negeri Medan. 2017.

Bandura, Albert. (1994). Self-Efficacy. In V.S. Ramachaudran (Ed), Enclylopedia of Human Behavior (Vol. 4, 71-78) New York: Academic Press.

BNSP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/MK. Jakarta: Depdiknas.

Ipah Kholivah, Huri Suhendri, dan Leonard. (2020). Pengaruh Self-efficacy Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal of instructional Development Research (JIDR). Universitas Indraprasta PGRI, akarta Indonesia. Vol. 1 (2) 75-80.

Isfayani, E. & Munjir (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika dan Self-efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemet. Vol.4 hlm. 80-92.

Justisunda Gilar Muhammad,.“Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”, Theorems. September 2017, 2, hal. 24-30.

Margono , Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009, hlm. 102

Hairida & Astuti, M., W. 2012. Self-efficacy dan prestasi belajarsiswa dalam pembelajaran IPA-KIMIA.jurnal pendidikan matematika dan IP. Vol. 3. No 1

Sariningsih, R., & Perwasih R. (2017). Pembelajaran Prlombel Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM. (jurnal Nasional Pendidikan Matematika).1.1 163.

Shohifatul Izzah, ―Perbedaan Tingkat Self-efficacy Antara Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang‖, (Tesis--, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2012), hal 21-22

Shunk and Pajares, Development of Academic Self-efficacy, https://www.uky.edu/-eushe2/Pajares/eff.html, hal 2-3

Simatupang Rosmawati, Napitupulu Elvis & Asmin,. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa pada Pembelajarn Proplem Based Learning”, Paradikma. Agustus 2020. 13 hal. 30.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Pendidikan Matematika.

Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge. Perilaku organisasi. Terjemahan oleh Diana Angelica. 2009. Jakarta: salemba emapat

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, (Bandung: Alfabeta, 2014), hlm 64.

Suharsimi Arikonto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta. 2006). hal. 170.

Suharsimi arikunto, prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, (Jakarta: rineka cipta. 2006), hal 4.

Uswatuh Hasanah dkk, ―Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E(Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend)‖, Jurnal Prisma, Volume 2, (2019), hal. 552

Uswatun Hasanah, Nuriana Rachmani Dewi, & Isnaini Rosyida. (2019). Self-efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E. PRISMA. (Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 1. Hal 551-555.

Widianti Utami & Dhoriva Urwatul Wustqa. (2020). Analisis Kemempuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 2. Hlm 166-175

Downloads

Published

2023-03-12

Issue

Section

Articles