PERAN KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA BAGI PELAKU UKM KABUPATEN GUNUNG MAS, KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Ferdinand Ferdinand Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i2.293

Keywords:

Choaching, Leadership, And Performance

Abstract

Penelitian dibidang manajemen SDM, untuk meningkatkan pendapatan UKM dengan efektif dan efisiensi SDM. Strategi SDM di bangun berbasis pada kemampuan pelaku usaha dengan kompetensi dan keterampilan yang diberikan oleh dinas terkait di Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan di analisis dengan alat statistik SPSS 24.0. Hasil penelitian menyatakan 40 pelaku UKM perlu adanya pelatihan untuk meningfkatkan kompetensi dan keterampilan dari hasil uji signifikan positif, yaitu kemampuan dalam keahlian, aplikatif, efektif dan efisiensi serta hasil produk yang mampu bersaing. Implikasi hasil penelitian memberikan bukti kepada pemerintah bidang perdagangan dan perindustrian maupun dinas koperasi dan UKM untuk dapat lebih memperhatikan kebutuhan softskill pelaku UKM di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah

References

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741.

Kristinae, V. (2021). Analisis Customer Satisfying dan Knowledge Sharing Dalam Optimalisasi Formulasi Promotion Pemasaran Produk Lokal di Yogyakarta dan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 402-411.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762.

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1).

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Kristinae, V., & Christa, U. R. (2022). Pengaruh Inovasi Resonansi Merek Dalam Memediasi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Iphone Di-Kota Palangka Raya. MEDIA BINA ILMIAH, 16(8), 7341-7348.

Meitiana, Kristinae, V., & Telaumbanua, A. (2022). The Role of Consumer Satisfaction in Mediating the Effect of Service Quality and Price Discount Framing on Hypermart Consumer Loyalty in the Province of Central Kalimantan, Indonesia. Archives of Business Research, 10(7), 174–184. https://doi.org/10.14738/abr.107.12787

Peridawaty, P., Toendan, R. Y., & Kristinae, V. (2021). PELATIHAN ARSITEKTUR KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI KEUANGAN DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI BANTARAN SUNGAI KAPUAS-KALIMANTAN TENGAH. MEDIA BINA ILMIAH, 15(9), 5057-5066.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles