PEDAGANG CENDERAMATA DI KAWASAN MANDALIKA KUTA LOMBOK TENGAH POST PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.282Keywords:
Pedagang Cenderamata, Digital Marketing, Entrepreneur, Pandemi Covid-19Abstract
Program pengabdian Internal didanai dari Dana Penelitian dan Pengabdian Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram Tahun 2022. Program ini menyasar kelompok produktif secara ekonomi kategori usaha kecil pedagang cenderamata (Mitra) Pedagang Cenderamata di Kawasan Mandalika Kuta Lombok Tengah. Fakta bahwa selama pandemi Covid-19 menjadikan sistem pemasaran dan penjualan berbasis online/digital menjadi efektif dan merupakan suatu keharusan bagi setiap pedagang dan demikian halnya dengan pedagang cenderamata di Kawasan Mandalika Kuta Lombok Tengah. Mendasar pada fakta yang tersebut, pedagang cenderamata (mitra) di Kawasan Mandalika Kuta Lombok Tengah belum mampu beradaptasi atau mengalami kesulitan mengikuti cara/model pemasaran dan penjualan produk menggunakan aplikasi berbasis digital/online, mitra juga belum memiliki dan belum terbentuknya landasan yang kuat tentang berwirausaha mandiri (sikap, mental, dan jiwa wirausaha) (entrepreneur soft skill and technical skill. Dengan merujuk pada permasalahan-permasalahan mitra, maka program penguatan digital/online marketing menjadi sangat penting dilakukan dan ditindaklanjuti. Program ini terfokus pada penguatan pengetahuan, sikap, mental serta keterampilan wirausaha (entrepreneur soft skill and technical skill, dan kemampuan mitra memanfaatkan dan menggunakan aplikasi pemasaran berbasis online/digital. Tujuannya yaitu terwujudnya masyarakat mandiri secara ekonomi dan mewujudkan sikap, mental dan keterampilan wirausaha (entrepreneur soft skill and technical skill).
References
Gadu, Mahsun, Jumail. 2017. Kemampuan Berbahasa Inggris Praktis dan Hospitality Pedagang Asong dan Souvenir Kawasan Pariwisata Pantai Kuta dan Selong Belanak Lombok Tengah.Media Bina Ilmiah.I SSN.2615- 3505http://www.lpsdimataram.com.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011. Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010–2025. 2 Desember 2011. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 125. Jakarta.
Pramesti, Olivia Lewi. 2019. “Minim, Peran Perempuan dalam Pariwisata”. National Geographic Indonesia. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2019, dari http:// nationalgeographic.co.id/berita/2012/07/minimperan-perempuan-dalam- pariwisata
Yunarni, Tri Reinelda, Haris Abdul. 2020. Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 6. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index. Terakreditasi Peringkat 5 (No. SK: 85/M/KPT/2020). Vol. 4.No. 3 Juli 2020.p-ISSN: 2598-9944 e- ISSN: 2656-6753
Widaswara, Yulita R. 2020. Framing Analysis of Covid-19 News on Social Media Instagram Lombok. Media Bina Ilmiah.Vol.15 No.1 Agustus 2020.ISSN 2615- 3505.http://www.lpsdimataram.com
http://www.kompasiana.com/maizulackbar/keramah-tamahan-dan-sopan-santun-adalah-jati-diri-bangsa-indonesia-paling-Indonesia_5500bfc9a333114e75511bc2. Downloaded and citied on Monday, 26th March 2021 at 11. 30a.m
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Primus Gadu, Mahsun Mahsun, Fathurrahim Fathurrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.