PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKTUL KARIMAH PADA SANTRIWATI BROKEN HOME BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.268Keywords:
Bimbingan Kelompok, Akhlakul karimahAbstract
Pendidikan adalah jembatan menuju kemajuan, mengangkat derajat dan menunjukan identitas suatu bangsa. Oleh karena itu peran pendidikan dalam membangun peradaban manusia sudah tidak diragukan lagi. Pendidikan menjadi alat yang efektif untuk membangun kesadaran manusia agar mampu menciptakan kehidupan sosial yang tentram. Hal utama yang harus diperhatikan dari usaha membangun kehidupan yang tentram itu adalah membentuk perilaku manusia supaya bertindak sesuai dengan ketentuan dan nilai yang berlaku. Di sinilah manusia tidak hanya mempunyai ilmu dan pendidikan tetapi, manusia juga harus mempunyai akhlakulkarimah supaya terjalin hubungan yang harmonis antara manusia dengan pencipta, hubungan dengan sasama, dan hubungan dengan lingkungannya. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental design menggunakan metode one-group pretest-posttest untuk mencari pengaruh. Populasi dari penelian ini adalah seluruh santriwati broken home yang berjumlah 35 orang dan Sample dalam penelitian ini santriwati broken home yang akhlakul karimahnya rendah yang berjumlah 10 orang dari hasil pembagian instrumen. Hasil penelitian ini yang dilakukan menggunakan uji t-test didapat pengaruh dengan sig 0,000<0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh bimbingan kelompok berlandaskan nilai-nilai dalam kitab ta’limulmuta’allim dalam meningkatkan akhlakul karimah santriwati broken home di Pondok Pesantren Nurul Ma’ad Banjarbaru.
References
Alfika Susanti (2021) “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Dikalangan Santriwati Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo”
Amin, Zamroni. 2017. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak”. Sawwa. Vol. 12, No. 2.(https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/download/1511/1395,
Anita Ratnasari, 2014. Peran Pondok Pesantren As-Salafiyah Mlangi Yogyakarta Dalam Pembinaan Akhlak Santriwati, Skripsi, Yogyakarta: STIA Alma Ata.
Ansori, Muhajir, Ahmad Raden. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”. Jurnal Pustaka. Vol. 8, No. 14. (http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/download/strategipenanaman-nilai-islam/86/,
Anwar, Rosihan. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Arif Shaifudin, 2015. Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Pembentukan Karakter di MA Salafiyah Mu‟adalah Pondok Tremas Pacitan, Tesis, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Ayun, Qurrotun. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. IAIN Salatiga. Vol. 5 No. 1.
Devi Purnamaning Ayu, tentang “Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar
Diniati, A., & Jarkawi, J. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok dalam mengurangi kecanduan anak yang menggunakan gadget di SMK Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 1-4.
Eko Setiawan. 2017. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali”, Jurnal Pendidikan.
Elok Safira Arif, “Iternalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa Di MTsN 3 Tulungagung
Fidella Davina Agrippina, Akhlak Terhadap Guru (http://Fidela19salju.blogspot.com/) Diakses Pada Tanggal 15 April 2017. Pukul 12.22
Firdaus (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Al-Dzikra XI (1)
Fuad Ma’sum. 2019. “Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter,” Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
H.M Arifin, 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara
Hafifah, N. (2021). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANJAR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Hasbullah, 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Herman, DM. (Juli-Desember 2013). “Sejarah Pesantren di Indonesia” dalam Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 6/ No. 2. Kendari: STAIN Kendari.
Http//Kompasiana.com/anggawirya/pengaruh-mental-anak-terhadap-keluarga-broken-home- diakses 13 Januari 2019 pukul 22.30.j
Ibrahim Bafadhol. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 12. (https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/178/1 77, diakses pada 9 Juni 2020).
Ida Zarnusi, Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. (Jakarta: Tugu Publisher, 2012), hlm. 5.
Illiyyina, I., Farial, F., & Handayani, E. S. (2020). TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SEKOLAH SMPN 3 BANJARBARU DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 6(1), 15-18.
Irfan, Irfan, Jarkawi Jarkawi, and Eka Sri Handayani. "Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier." Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 3.2 (2020): 79-87.
Jarkawi, A. D. Farial.(2017). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecanduan Anak yang Menggunakan Gadget Di SMK Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermana, Mulia, 3(3).
Mawardi, Akhmad Alim, Anung Al-Hamat “Pembinaan Akhlak Menurut Syekh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim
Mustofa, Saifudin. 2018. “Konsep Belajar Menurut Syaikh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Mutta’alim,” Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Natiqotul Muniroh, 2015. Peran Pondok Pesantren Ash Sholihah Dalam Membentuk Nilai-Nilai Kerakter Siswa Kelas VI MI Maarif Darussholihin Mlati Sleman Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Nur Effendi, 2016. Manajemen Perubahan Di Pondok Pesantren, Yogyakarta: Kalimedia.
Prayitno, dkk., Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Chalia Indonesia. 2017
Rakasiwi, Tamara Islami Diani. 2017. Implikasi Keluarga Broken Home Terhadap Budi Pekerti Siswa SMK Islam Sudirman Tingkir Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam InstitutAgama Islam Negeri Salatiga.
Risdawati, R., & Jarkawi, J. (2017). Layanan Informasi Tentang Cara Beretika Sopan Santun Terhadap Guru Di Smk Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 9-12.
Salmiah (2019), “Implementasi Pendidikan Akhlakul Karimah Anak pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Kelayan A Banjarmasin Selatan)
Waluyo, Agus, & Sani, Rizal Mufid. 2019. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Mutta’alim Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Di Indonesia”, Jurnal Tawadhu. Vol. 3, No. 2.
Yarah, Y., Jarkawi, J., & Farial, F. (2018). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 21-25.
Zainiyah, Khoirotuz. 2017. Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Pucang Rejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Helma Helma, Jarkawi Jarkawi, Eka Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.