MEDAN MAKNA TAKARIR PRODUK ENDORSEMENT SELEBGRAM

Authors

  • Roni Nugraha Syafroni Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.264

Keywords:

Makna, Medan, Produk Endorsement, Selebgram, Takarir

Abstract

Mempromosikan sebuah produk sebagai salah satu caranya adalah melalui iklan. Cara ini masih merupakan cara efektif dan efisien untuk memperkenalkan produk. Iklan juga dapat melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang banyak dikenal oleh masyarakat. Hal inilah yang memunculkan istilah selebritas Instagram atau selebgram. Penelitian ini menganalisis medan makna yang terdapat di dalam takarir foto-foto produk endorsement selebgram Shannon Wong dan Michelle Ziudith. Foto-foto tersebut, Peneliti unduh dari akun resmi Instagram masing-masing selebgram. Topik penelitian ini menarik, karena menggabungkan teori medan makna dengan dunia teknologi informasi. Kemudian, tujuan penelitian ini adalah menganalisis medan makna yang terkandung di dalam takarir produk endorsement kedua selebgram. Kemudian, metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis, menggunakan bantuan teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, medan makna, yang berasal dari teori semantik, dapat bermanfaat saat menganalisis takarir produk endorsement selebgram. Di dalam penelitian didapat hasil takarir produk endorsement, yaitu produk endorsement yang berkaitan dengan aplikasi android, layanan top up game, market place, aksesoris rumah, perawatan kulit, dan perawatan rambut yang berjumlah total enam foto.

References

WilsonEP09, W, 2022, Michelle Ziudith, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Michelle_Ziudith, diakses tgl 22 November 2022.

Lyceum, L, 2022, Biodata Shannon Wong: Agama, Keluarga, Pacar, Fakta dan Karir, https://www.lyceum.id/biodata-shannon-wong/, diakses tgl 21 November 2022.

Ginting, M, L, Ferdi, A, Asep, H. 2020, Profil Merk Lokal Fesyen Indonesia selama Pandemi Covid-19 2020, Media Bina Ilmiah, No. 3, Vol. 16, 6604-6612.

Safitri, N, N, 2021, Media Sosial sebagai Sarana Promosi New Normal Pariwisata Jepara, Media Bina Ilmiah, No. 3, Vol. 16, 6595-6602.

Nasrudin, D, Mayasari, M, Fardiah, O, L, 2021, Hubungan antara Promosi Menggunakan Sosial Media Instagram dengan Minat Beli, Media Bina Ilmiah, No. 4, Vol. 16, 6677-6684.

Maryanti, S, Suharti, S, Sulaiman, S, 2022, Hubungan Biaya Promosi dengan Tingkat Penjualan pada Perusahaan Air Minum dalam Kemasan (AMDK), Media Bina Ilmiah, No. 6, Vol. 16, 6839-6848.

Syafarullah, R, M, Muhammad, P, 2022, Analisa Benchmarking Virtual Tour sebagai Alternatif Produk dan Media Promosi Destinasi Wisata Budaya pada Masa Pandemi Covid-19, Media Bina Ilmiah, No. 7, Vol. 16, 7069-7082.

Pratiwi, H, et.al, 2022, Pengaruh Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow pada Masyaarkat Medan Marelan, Media Bina Ilmiah, No. 7, Vol. 16, 7197-7209.

Nur’aini, F, 2022, Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Healthy Bevergae Sina Di Kota Semarang, Media Bina Ilmiah, No. 8, Vol. 16, 7179-7188.

Salsabila, G, T, Mayasari, M, Ana, F, P, 2022, Persepsi Konsumen Mengenai Pembentukan Brand Awareness Bittersweet By Najla melalui Media Sosial Tiktok (Studi Kasus pada Followers Akun Tiktok @bittersweetbynajla), Media Bina Ilmiah, No. 8, Vol. 16, 7189- 7200.

Dewi, A, O, Kusrin, K, Weni, A, A, 2022, Pengaruh Testimonial Review Celebrity Endorser Tasya Farasya terhadap Minat Beli Produk Skincare Whitelab (Analisis Regresi terhadap Followers Akun Instagram @Tasyafarasya), Media Bina Ilmiah, No. 8, Vol. 16, 7201-7212.

Astuti, A, P, Wahyu, U, Rastri, K, 2022, Konstruksi Makna Hijab dalam Komunitas “Hijab Style Community Jakarta”, Media Bina Ilmiah, No. 9, Vol. 16, 7455-7466.

Nuada, I, N, Asri, O, Suharti, S, M, Faezal, 2021, Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Desain Website dan Online Review terhadap Minat Beli Online Di Marketplace Lazada, Media Bina Ilmiah, No. 1, Vol. 16, 5961-5968.

Chaer, A. (2015). Pengantar Semantik Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rifka, I, 2021, Sejarah, Evolusi, dan Pengertian Media Sosial, https://money.kompas.com/read/2021/12/18/075450026/sejarah-evolusi-dan-pengertian-media-sosial?page=all#page2, diakses tgl 23 November 2022.

Maulida, U, 2020, Iklan: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya, https://m.dream.co.id/lifestyle/iklan-pengertian-ciri-ciri-tujuan-dan-jenis-jenisnya-2008184.html, diakses tgl 23 November 2022.

Riadi, M, 2022, Produk – Pengertian, Tingkatan, Jenis dan Atribut, https://www.kajianpustaka.com/2022/03/produk-pengertian-tingkatan-jenis-dan-atribut.html?m=1, diakses tgl 23 November 2022.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles