EFEKTIFITAS DESAIN PELATIHAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH MINGGU

Authors

  • Rafles Rafles Universitas Lampung
  • Riswandi Riswandi Universitas Lampung
  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung
  • Dwi Yulianti Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.261

Keywords:

sekolah minggu, desain pelatihan, model addie

Abstract

Guru sekolah minggu adalah mereka yang memberikan pembelajaran pendidikan kerohanian pada anak-anak di gereja. Perekrutan guru sekolah minggu biasanya tidak berdasarkan kompetensi seorang guru sehingga pembelajaran di kelas terkesan monoton, sehingga perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas desain pelatihan dengan menggunakan model ADDIE dalam meningkatkan kompetensi yang di miliki guru sekolah minggu. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menemukan artikel jurnal nasional terindeks Sinta 1 sampai Sinta 4 terbitan tahun 2015 sampai tahun 2022. Hasil penelitian ini didaptkan bahwa model Addie dalam mendesain sebuah pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru sekolah minggu.

Author Biographies

Rafles Rafles, Universitas Lampung

Magister Teknologi Pendidikan

Riswandi Riswandi, Universitas Lampung

Magister Teknologi Pendidikan

Muhammad Nurwahidin, Universitas Lampung

Magister Teknologi Pendidikan

Herpratiwi Herpratiwi, Universitas Lampung

Magister Teknologi Pendidikan

Dwi Yulianti, Universitas Lampung

Magister Teknologi Pendidikan

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Aproach, University of Georgia. USA: Springer.

Chen, M. et al. (2022) ‘The Effectiveness of an Instructional Guide on Chinese Pre-Service EFL Teachers’ Knowledge in Teaching Phonics’, Studies in English Language and Education, 9(2), pp. 554–573. doi: 10.24815/siele.v9i2.22780.

Choi, C. H. et al. (2021) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Sekolah Minggu Korea Di Indonesia Untuk Pengintegrasian Pembelajaran Iman [the Impact of the Covid-19 Pandemic on the Management of Faith-Learning Integration of Korean Sunday School in Indonesia]’, JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), p. 61. doi: 10.19166/johme.v5i1.2794.

Darmawan, I. P. A. (2019) ‘Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius 28:18-20’, Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), p. 144. doi: 10.46445/ejti.v3i2.138.

Dewi, L. (2018) ‘Learning Design Using Addie Approach To Improve Students ’ Critical Thinking Skills in Becoming Ethical Librarians’, Jurnal Edulib, 8(1), p. 199.

Fadlillah, A. F. (2020) ‘Pengembangan Pelatihan Pembuatan Media Audio Secara Online’, Edutech, 19(1), pp. 106–125. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/22721.

Fidhyallah, N. F. et al. (2022) ‘Pengembangan Model Desain Pelatihan Keterampilan Guru Dalam Mengembangkan Soft Skill Peserta Didik SMK Bidang Keahlian Multimedia’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), pp. 200–211. doi: 10.17977/um038v5i22022p200.

Hawi, H. A. (2014) ‘Kompentensi Guru Pai’, Kompetensi Guru PAK, 148, pp. 148–162.

Iswan, M. S. (2021) Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. 1st edn, Syria Studies. 1st edn. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Available at: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625.

Karnawati, K. and Mardiharto, M. (2020) ‘Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi’, Didache: Journal of Christian Education, 1(1), p. 13. doi: 10.46445/djce.v1i1.291.

Komarudin, M. (2021) ‘Developing Professional Teacher to Improve Madrasah Student Character’, Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), pp. 229–242. doi: 10.15575/jpi.v7i2.15821.

Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO, 1(2), 90–100.

Matias Sira Leter, Riswandi, Herpratiwi, . (2022) ‘Mengembangkan Desain Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Pendidikan Nilai CHYBK’, 6(September), pp. 103–114.

Purwantoro, A., Prameswari, N. S. and Mohd Nasir, R. B. M. N. (2022) ‘The Development of the Indonesian Culture Gunungan Design: Wayang Godhong “Smoking Violated”’, Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 22(1), pp. 62–77. doi: 10.15294/harmonia.v22i1.36525.

Randolph, J. J. (2019). A giude to writing the dissertation literature review. peer- reviewed electronic journal, 14(13). doi:doi.org/10.1306/D426958A-2B26-11D7-8648000102C1865D

Riniwati, R. (2020) ‘Pembinaan Guru Sekolah Minggu Untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan Pada Anak’, Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(2), p. 185. doi: 10.46445/ejti.v4i2.247.

Riswandi. (2019). Kompetensi Profesional Guru. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rusmulyani, K. (2020) ‘Study Pengembangan Pendidikan Dan Pelatihan’, Susunan Artikel Pendidikan, 5(2), pp. 101–108.

Sugiyono, S., Aunurahman, A. and Astuti, I. (2021) ‘Pengembangan media pembelajaran video program pelatihan di sekolah polisi negara pontianak’, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), pp. 169–176. doi: 10.31571/saintek.v10i2.3360.

Sulastri, Sulastri, Nurhizar Gistituati, Neviyarni S, H. A. (2021) ‘the Development of Training Model for Administrative Leadership Competence Based on Action-Based Learning in University’, Journal of Leadership in Organizations, 3(1), pp. 31–42. doi: 10.22146/jlo.63998.

Tanduklangi, R. (2020) ‘Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20’, PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), pp. 47–58. doi: 10.34307/peada.v1i1.14.

Tenny, T. and Arifianto, Y. A. (2021) ‘Aktualisasi Misi dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Era Disrupsi’, Didache: Journal of Christian Education, 2(1), p. 41. doi: 10.46445/djce.v2i1.365.

Vachrenisa, D. (2020) ‘Pengembangan Desain Program Pelatihan Infografis Bagi Pegawai PT Pelindo III (Persero) Surabaya’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), pp. 178–186. doi: 10.17977/um038v3i22020p178.

Widodo. (2015). Managemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yulianingsih, D. (2020) ‘Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu’, 3(2), pp. 285–301. doi: 10.34081/fidei.v3i1.186.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles