HUBUNGAN TINGKAT INTELIGENSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR JARAK JAUH PADA SISWA KELAS 7 SMP

Authors

  • Setia Widowati Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Siti Apia Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Theresiana Erna Universitas Pelita Harapan, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.260

Keywords:

Terowongan, Pengelak, Pelimpah, Bendungan, Metode AHP, Prioritas

Abstract

Pada pekerjaan Bendungan Meninting ini terdapat pertemuan antara bangunan pengelak dan bangunan pelimpah, dimana pekerjaan penggaliannya dilakukan dengan cara peledakan (blasting). Pertemuan bangunan ini membutuhkan perhatian khusus mengingat tingkat kesulitannya cukup tinggi, yaitu pada pekerjaan hauling (pengangkutan) material blasting, dimana pada pelaksanaannya kendaraan angkut dan excavator memiliki ruang gerak yang sempit di dalam terowongan. Alternatif untuk percepatan pekerjaan dilakukan dengan menentukan arah mulainya pekerjaan, yaitu dari arah atas (pelimpah), arah hulu (pengelak), atau dari arah hilir.Penentuan arah ini dilakukan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), dimana AHP adalah sistem atau model yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran.Dari hasil Analisa menggunakan metode AHP didapat skala prioritas dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan pelimpah dan pengelak ini yaitu, dari arah hilir, kemudian dari atas (pelimpah), dan terakhir dari arah hulu (pengelak). Dengan demikian hasil Analisa ini diharapkan dapat membantu dalam penentuan skala prioritas dalam pelaksanaan pekerjaan terowongan pelimpah dan pengelak yang ada pada proyek Bendungan Meninting.

Author Biographies

Setia Widowati, Universitas Pelita Harapan, Jakarta

Magister Pendidikan

Siti Apia, Universitas Pelita Harapan, Jakarta

Magister Pendidikan

Theresiana Erna, Universitas Pelita Harapan, Jakarta

Magister Pendidikan

References

Baghdad Afero, A. (2016). Peran Kecerdasan Emosional sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1, 215.

Dewi, S. (2021). Pengaruh Intelegensi Quotient dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 68.

Ibda, F. (2016). Peran Kecerdasan Emosional sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. urnal Pendidikan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1, 215.

Muljono, D. d. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Nur'aeni. (2012). TES PSIKOLOGI : Tes Intelegensi dan Tes Bakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, S. d. (2009). Statistik untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Buku 2 Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Saleh, M. (2013). Pengaruh Kreativitas dan Intelegensi Terhadap Kemandirian Belajar Anak. STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, 128.

Nursobah, Asep. “Hubungan antara Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal dan Identitas Sosial dengan Hasil Belajar Agama Islam”, Jurnal Teknologi Pendidikan. April 2009, 11, hal. 2-3.

Tahar, Irzan dan Enceng. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh”, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. September 2006, 7, hal. 92 - 93.

Efgivia, Mohammad Givi. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen”, Jurnal Teknologi Pendidikan. Desember 2007, 9, hal. 160-161.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Sarwono, W. Sarlito. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Campbell, Linda, Bruce Campbell, dan Dee Dickinson. Multiple Intelligences Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press, 2002.

Mayub, Afrizal, et al. “Virtual Classroom sebagai Wadah Pengembangan Inteligensi Ganda”, Forum Teknik. September 2008, 32, hal. 186-187.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2002.

Djamarah, Bahri Syaiful. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sabri, Alisuf M. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

Ramelan, Purwanti. Merangsang IQ Anak 4-9 Tahun Dosis Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2010.

Tirtonegoro, Sutratinah. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles