PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITAS TERHADAP PENERIMAAN DIRI (SELF-ACCEPTANCE) SISWA KELAS XI SMA NEGERI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i5.249Keywords:
Konseling Kelompok Realitas, Penerimaan Diri (Self-Acceptance)Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data yang diperoleh melalui studi pendahuluan pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda yang menunjukkan penerimaan diri (self-acceptance) rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok realitas terhadap penerimaan diri (self-acceptance) siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 31 siswa di kelas XI IPS 3, dengan sampel sebanyak 10 siswa yaitu 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penerimaan diri (self-acceptance), teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney U test dan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data untuk Mann-Whitney U test didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,009 < 0,05 dan untuk Uji Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) pada kelompok eksperimen adalah 0,043 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sesuai hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya terdapat perbedaan signifikan penerimaan diri (self-acceptance) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan terdapat pengaruh layanan konseling kelompok realitas terhadap penerimaan diri (self-acceptance) kelompok eksperimen.
References
S. A and D. D, Self-Acceptance and Happiness. In the Strength of Self-Acceptance, New York: Springer, 2013.
M. E. Bernard, The Strength of Self-Acceptance: Theory, Practice, & Research, In Springer. Princeton University Press. , 2013.
R. K. Putri, "Meningkatkan Self-Acceptance (Penerimaan Diri) dengan Konseling Realita Berbasis Budaya Jawa," in Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 118–128, 2018.
A. N. Husna and Fatonah, Skala Penerimaan Diri: Konstruk dan Analisis Psikometri., University Research Colloqium, 2020.
Prayitno, Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
E. P. Herianto and E. Darminto, "Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Menurunkan Kebiasaan Menggunakan Telepon Pintar Saat Proses Pembelajaran," Jurnal BK UNESA, vol. 9, no. 2, p. 42–43, 2019.
G. Corey, Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi, Bandung: Refika Aditama, 2013.
B. Saraswati, Efektivitas Konseling Kelompok Realitas WDEP untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Akademik (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsurat), Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.
W. Siska, Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik MA Muhammadiyah Sukarame, Skripsi. UIN Raden Intan Lampung, 2021.
T. Mahzumah, Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Membantu Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar, Surabaya: Doctoral dissertation, State University of Surabaya, 2013.
I. Iltizamah, "Pengaruh Penggunaan Strategi Realita Dalam Konseling Kelompok Terhadap Rasa Rendah Diri Siswa Kelas XII-IPA SMA Dr. Soetomo Surabaya," Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 33, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yudo Dwiyono, Zaenab Hanim, Febry Putri Arbianti, Galih Yudha Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.