PENGARUH KUALITAS PEELAYANAN TERHADAP NIAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN PADA SWALAYAN KPD DI PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i6.243Keywords:
Service Quality, Repurchase Intentions, Dayak Union Cooperative, Consumer Satisfaction.Abstract
Research in the field of marketing with the aim of this study is to measure and analyze the effect of service quality on repurchase intentions at KPD Swalayan Palangka Raya. Measuring and analyzing the effect of satisfaction on repurchase intention at KPD Swalayan Palangka Raya. Measuring and analyzing the effect of Service Quality on Satisfaction at KPD Swalayan Palangka Raya. Measuring and analyzing the effect of service quality on repurchase intention through satisfaction at KPD Swalayan Palangka Raya. The population in this study are consumers who shop at KPD Supermarkets in the City of Palangka Raya as many as 200 respondents. KPD Supermarket research location in Palangka Raya City. Primary and secondary data sources, data collection methods used observation, and distribution of questionnaires. The analytical tool used in this study is Smart-PLS Version 3.0. The results of this study indicate that service quality has a positive and significant effect on repurchase intentions. Consumer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention. Service quality has a positive and significant effect on satisfaction. Service Quality on Repurchase Intentions through satisfaction has a positive and significant effect.
References
Sunaryo, B. B. (2002). Dinamika Strategi Pelayanan Outlet dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 1(1), 41-56.
Febrian, A., & Vina Hapsari, C. A. (2019). Strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui niat sebagai mediasi. Buletin Studi Ekonomi. Vol, 24(2).
Wijaya, C. P., & Santoso, T. P. B. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Bali Mandira Legian–Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(1).
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75-82.
Sari, N., & Setiyowati, S. (2017). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(02), 186-199.
Widodo, T. (2016). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru di Kota Salatiga). Among Makarti, 9(1).
Saputri, A. (2011). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SWALAYAN HARDJONO BATURETN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
LOO, P. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PASAR SWALAYAN MAJU BERSAMA GLUGUR. Jurnal Ilmiah Kohesi, 6(1), 68-78.
Hismuddin, M. H., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan Mahkota Gresik (Studi Kasus Pada Konsumen Swalayan Mahkota). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(10).
Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan dan niat beli ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.
Yulianti, N. M. D. R., Suprapti, N. W. S., & Yasa, N. N. K. (2014). Pengaruh citra toko terhadap kepuasan pelanggan dan niat beli ulang pada Circle K di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 36-44.
Andriadi, A., & Untarini, N. (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Citra Merek Telkom Flexi Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(2).
Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6658.
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan mutu layanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(2).
Dwimawanti, I. (2004). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik.
Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 2(1), 22-34.
Apriyani, D. A., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen the Little a Coffee Shop Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Harianto, D. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja-vu Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Ashoer, M., Syahnur, M. H., Taufan, R. R., & Siangka, A. N. (2020). Menyelidiki Loyalitas Millenial pada Transportasi Online; Studi Mediasi berbasis SEM-PLS. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 183-198.
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).
Surya, S., Gusriani, N., & Irianingsih, I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Brand Loyalty Gojek Indonesia dengan Efek Mediator Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Jurnal Matematika Integratif, 16(2), 127-137.
Davari, A., & Rezazadeh, A. (2013). Structural equation modeling with PLS. Tehran: Jahad University, 215(2), 224.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Gunawan, Yunikewaty Yunikewaty, Meitiana Meitiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.