KAJIAN PROGRAM DAN IMPLEMENTASI MEMBERSHIP HOTEL CHANTI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i6.237Keywords:
Program, Implementasi, MembershipAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Program Membership yang digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan dan meningkatkan repeat purchase para pelanggan dengan berbagai penawaran menarik serta poin dan diskon supaya tamu tidak tertarik dengan penawaran dari produk pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program dan implementasi membership terhadap tamu di Hotel Chanti Semarang dan menemukan faktor pendorong maupun penghambatnya supaya dapat mempertahankan dan meningkatkan efektivitas program member tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif sedangkan metode penyajian data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mencari informasi data melalui wawancara pada staff Hotel Chanti Semarang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Metode analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa implementasi membership terhadap tamu di Hotel Chanti Semarang sudah sesuai dengan program yang dilaksanakan dan akan terus ditingkatkan supaya tamu akan terus datang kembali dan tidak tertarik dengan tawaran dari produk pesaing.
References
Pitana, I Gede dan Putu Gede Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta. Andi.
Bagyono. 2012. Teori dan Praktik: Hotel Front Office. Bandung: CV. Alfabeta.
Wijayanti, Ani. 2019. Modul Operasional Kantor Depan. UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA PSDKU. Yogyakarta.
Duta Persada. 2021. Bagian Front Office Dan Tugasnya Di Sebuah Departemen Hotel.DutaPersada.https://www.dutapersadajogja.com/categories/detail/227/bagian-front-office-dan-tugasnya-di-sebuah-departemen-hotel diakses tanggal 21 Juli 2022
DailyTrip. 2020. Fungsi dan Peranan Front Office. Daily Trip. https://www.dailytripp.my.id/2020/09/fungsi-dan-peranan-frontoffice.html diakses tanggal 21 Juli 2022
Jtmparadise. 2022. Pengertian Guest Relation Officer: Tugas Syarat dan gaji Lengkap. Jtm Paradise. https://jtmparadise.com/pengertian-guest-relation-officer/ diakses pada 21 Juli 2022
Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor. 2021. Peran dan Fungsi Front Office di Hotel. STP Bogor. https://stpbogor.ac.id/peran-fungsi-front-office-dalam-sebuah-hotel/ diakses pada 20 Juli 2022
Endar, Sugiarto & Sulartiningrum, Sri. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. Hal 8.
Bagyono & Agus Sambodo. 2006. Dasar – Dasar Kantor Depan Hotel. CV.Andi Offset. Yogyakarta.
Patra, A. V. (2016). Strategi Guest Relations Officer dalam Menangani Keluhan Tamu di Hotel Santika Premiere Jogja.
Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta. Andi Offset
Ifo, E. N., & Baharta, E. (2015). Review Of The Role Of Guest Relation Officer (gro) At The Front Office Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. eProceedings of Applied Science, 1(3).
Farrah. 2022. 10 Peran Guest Relation Officer di Hotel. https://hotelier.id/guest-relation-officer-adalah/ diakses pada 21 Juli 2022
Sibuea, G. E. 2015. PERANAN GUEST RELATIONS OFFICER HOTEL JW MARRIOTT MEDAN SEBAGAI PENGHUBUNG PIHAK MANAJEMEN DENGAN KONSUMEN. Sumatera Utara.
Kharisma, A. (2020). Peran Membership Loyalty Program Accor Pada Loyalitas Tamu di The Phoenix Hotel Yogyakarta (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).
Yunita, Yunita (2017) Pengaruh Penggunaan Member Card Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Pada Pasar Modern di Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Santoso, J., & Alamjaya, N. (2013). Persepsi Konsumen Terhadap Membership Card Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Di Narita Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 1(1).
Curatman, Aang., Suroso, Agus., dan Suliyanyo. (2020). Program Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish
Mulyadi, Deddy. 2015. Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung: Alfabeta.
Aditya, Rifan. 2021. Apa itu Implementasi? Tujuan dan Contoh Penerapannya. Suara.com.https://www.suara.com/news/2021/02/09/175201/apaituimplementasi-tujuan-dan-contoh-penerapannya?page=all diakses tanggal 22 Juli 2022
Qiscus, 2022. Lebih Dekat dengan Customer Melalui Sistem Kartu Member. https://www.qiscus.com/id/blog/kartu-member/ diakses 22 Juli 2022
Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas tamu hotel (Studi tentang persepsi tamu hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Brawijaya University.
Candrawardhani, Sirley. 2022. Pengertian After Sales Service, Kelebihan & Tips Menerapkannya. Kitalulus. https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/after-sales-service-adalah
Gita Subakti, Agung. 2016. Universitas Bina Nusantara. https://hotel-management.binus.ac.id/2016/08/01/hotel-dan-sejarahnya/ diakses 18 Juni 2022
Inkiriwang, N. Y. (2019). IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN MELALUI KEGIATAN SALES E-COMMERCE PADA OTA (ONLINE TRAVEL AGENT)(Studi Kualitatif Tentang Implementasi Bauran Pemasaran Melalui Kegiatan Sales E-Commerce Pada Ota (Online Travel Agent) Di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta Periode Mei–Juli 2018) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Linda, Tina. 2019. PERANAN FRONT OFFICE ATTENDANT DI HOTELTHE ZON REGENCY JOHOR BAHRU, MALAYSIA. Majalah Imiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi. Medan.
Pinongo, A. B., & Purnomo, B. (2016). PERANAN RESEPSIONIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI THE SUNAN HOTEL SOLO. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(2).
Riski, G. A. A. (2019). Analisa Peran Front Desk Agent Dalam Pembentukan Citra Positif Di Vila Bali Asri Seminyak-Bali. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(1), 36-44.
Sugiyono ( 2016). Metode Peenelitian Kualitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syadoh Sukmadinata, Nana. 2010. Metode Penelitian. Bandung Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Azis Nur Rosyid, Artin Bayu Mukti, Wahyu Mafatikhul Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.