ANALISIS EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERUPUK SEBLAK DI DUSUN KARANG BUCU DESA BAGIK POLAK

Authors

  • I Wayan Nuada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Asri Oktiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Aish Jusmaliyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i6.229

Keywords:

Efisiensi, Saluran Distribusi, Efisiensi Distribusi

Abstract

Industri rumah tangga (IRT) saat ini berkembang dengan pesat sehingga diperlukan strategi untuk menghadapi persaingan yang ada. Saluran distribusi merupakan faktor yag mendukung berhasilnya pemasaran sebuah produk industri rumah tangga. Industri rumah tangga Keripik Seblak merupakan industri rumahan yang menerapkan 2 saluran distribusi yakni distibusi langsung dan tidak langsung. IRT Keripik Seblak masih belum menentukan saluran distribusi yang efisien sehingga berdampak pada omset penjualan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi saluran distribusi yang ditetapkan oleh IRT ini. Dari hasil analisis kedua saluran distribusi menunjukkan hasil bahwa saluran distribusi langsung memiliki presentase lebih kecil dari pada saluran distribusi tidak langsung. Penelitian ini merekomendasikan bahwa IRT Keripik Seblak menggunakan saluran distribusi langsung yang membutuhkan biaya rendah dengan omset yang tinggi.

Author Biographies

I Wayan Nuada, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Dosen Prodi Manajemen

Asri Oktiani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Dosen Prodi Manajemen

Aish Jusmaliyah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Mahasiswa Prodi Manajemen

References

Alfred.Taff, C. (1996). Manajemen Transportasi dan Distribusi Fisis (edisi ke t). Erlangga.

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (cetakan ke). Alfabeta. Bandung.

Etzel., & B. J. (2013). Fundamentals of Marketing. Edisi 10. Singa (Edisi 10). Mc Graw-Hill International.

JUWANTO, A. (2012). Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pada Perusahaan Abon Kl Noeria Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kotler, P. ; A. G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga.

Kotler, P. ; K. L. K. (2016). Marketing Management, Global Marketing. Pearson Education, Inc.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (Edis LIma). UPP STIM KPN.

Ramadhan, I., & Laksito, H. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kualitas Corporate Governance : Studi Empiris Pada Perusahaan Terdaftar Di Corporate Governance Perception Index Tahun 2012-2015. Diponegoro Journal of Accounting, 8(4), 1–14.

Ramdhani, M. A. (2014). manajemen operasi. http://digilib.uinsgd.ac.id/8788/1/Buku Manajemen Operasi.pdf

Rozi, M. F. (2019). Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Melalui Pendekatan Transportasi Pada UMKM Kerupuk Ikan Tengiri Desa Gedangan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. 15(2), 217–236.

Saladin, D. (2004). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian). CV. Linda Karya.

SARJITO, S. jOKO. (2006). ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGGUNAAN SALURAN DISTRIBUSI PEDA PERUSAHAAN MEBEL SARTONO ARTS DI KLATEN. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Takalamingan, M., Longdong, F. V, & Jusuf, A. (2017). Analisis efisiensi saluran distribusi dan risiko pelaku usaha pada rantai pasok ikan cakalang asap di kelurahan girian atas kota bitung provinsi sulawesi utara. 5(9).

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles