PENGARUH DESIGN INTERIOR DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PENGUNJUNG HOTEL SOTIS KEMANG

Authors

  • Cesaria Megasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Pariwisata, Universitas Nasional
  • B. Syarifuddin Latif Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Pariwisata, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i5.217

Keywords:

Design Interior, Kualitas Pelayanan, Minat Pengunjung

Abstract

Meningkatknya minat dalam sektor pariwisata di Indonesia, membuat persaingan dalam industry perhotelan semakin ketat. Pelaku usaha dituntut untuk memberikan yang terbaik terutama dalam berbagai aspek yang dimiliki untuk menarik pengunjung agar tertarik untuk mengunjungi hotel tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh design interior dan kualitas pelayanan terhadap minat pengunjung Hotel Sotis Kemang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Berganda, dan teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan Koefisien determinasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) Design Interior berpengaruh sebesar 63,4% terhadap minat pengunjung Hotel Sotis Kemang, 2) Kualitas Pelayanan berpengaruh sebesar 51,1% terhadap minat pengunjung Hotel Sotis Kemang.

References

Adam, Muhammad. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta AL-Arif, Nur Ri.

Al Bataafi, Wisnu. (2005). House Keeping Departement, Floer and PublickArea . Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Berman, Berry and Evans Joel R.. (2013). Retail Management: A Strategic Approach 13th Edition. Pearson Education Limited.

Handayani, R. D., & Iman, A. N. (2021). Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Make Up Room Guna Kenyamanan Tamu di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 3(1), 38-42.

Iskandar, T. (2017). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Olahraga Terhadap Mata Kuliah Tenis Lapang Di Universitas Islam 45 Bekasi. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 27-39.

Juliantini, N. K., Raka, I. N., & Lestari, M. N. D. (2022). PENGARUH KUALITAS PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL KE HOTEL TAMAN SARI RESORT & SPA PEMUTERAN. SISTA: Jurnal Akademisi dan Praktisi Pariwisata, 1(2), 123-134.

Medha. (2019). Sotis Hotel Kemang Jakarta HadirSebagai Ikon Baru Jakarta Selatan. Diaksesdarihttps://medha.id/hotel/hotel-update/2019/11/22/sotis-hotel-kemang-jakarta-hadir-sebagai-ikon-baru-jakarta-selatan/

Nasution, S. (2017). VariabelPenelitian. JurnalRaudhah, 5(2), 1-9. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.182.

Pradini, G., Latif, B. S., Amalia, I. S. (2022). Analisis Dampak Ekonomi Kegiatan Pariwisata Di Perkampunngan Budaya Betawi Setu Babakan Selama Pandemi Covid-19. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 7 No. 3. 2821-2835.

Putro, S. W., Semuel, H., & Brahmana, K. M. R.(2014). PengaruhKualitasLayanan Dan KualitasProdukTerhadapKepuasanPelanggan Dan LoyalitasKonsumenRestoran Happy Garden Surabaya. JurnalManajemenPemasaran, 2(1), 1-9.

Rachmaniyah, N., Anggraeni, L. K., & Adiwijaya, C. P. (2016). Studi langgam desain sebagai dasar mendesain hotel. Jurnal Desain Interior, 1(1), 1-10.

Riyadin, R. (2019). PengaruhKualitasPelayananTerhadapKepuasan Masyarakat KeluargaBerencana di KecamatanPekalonganKabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada DesaPekalongan). Jurnal Simplex, 2(1), 41-50.

Salmaa (2022). DefinisiOperasional: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, dan Cara Menyusunnya. Diaksesdarihttps://penerbitdeepublish.com/definisi-operasional/

Sany¹, Y. L., & Hapsoro, A. N. A. (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunjung Dalam Memilih Hotel. Bandung : Telkom University.

Sari, N. P. & Razak, S. E.(2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. JurnalManajemenBisnis, 5(3).

Schiffman, Leon dan Kanuk, Lestie Lazar. (2008). Consumer Behavior (edisi ketujuh). Jakarta: PT. Indeks.

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian (Alfabeta, Ed.). Bandung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta

Tampubolon. (2014). MengembangkanMinat dan KebiasaanMembaca. Bandung: Angkasa.

UCEO,UniversitasCiputra (2015). Konsep Dasar Pelayanan Prima. Diaksesdarihttps://ucec.uc.ac.id/2015/07/07/2015-7-7-pengertian-pelayanan-prima/

Yati, A. (2021). Perancangan Hotel Bintang 4 Berbasis Syariah Islam Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan, 5(4), 68-71.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles