PERSEPSI PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA MANDARIN SEBAGAI PENUNJANG PELAYANAN BAGI RESEPSIONIS DI HOTEL BEVERLY BATAM

Authors

  • Diana Diana Manajemen Devisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam
  • Devid Trinaldo Simatupang Manajemen Devisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i4.185

Keywords:

Persepsi, Penguasaan, Bahasa Mandarin, Penunjang, Kualitas Pelayanan, Resepsionis

Abstract

Penguasaan bahasa asing menjadi penting di bidang jasa pelayanan. Terutama dalam memuaskan kebutuhan tamu diharapkan hubungan dan komunikasi yang baik dengan bahasa yang digunakan oleh tamu tersebut. Hal ini akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang dirasakan oleh tamu. Salah satu penunjang pelayanan seperti reliability (keandalan), dapat memenuhi kepuasaan tamu jika hotelier dapat menyampaikan pelayanan yang cepat dan tepat saat berinteraksi menggunakan bahasa yang dipergunakan oleh tamu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan serta pentingnya penguasaan bahasa mandarin terhadap kualitas pelayanan di Hotel Beverly Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara

References

Becker, F. G. and Cleary, M. (2015) ‘Hambatan menjadi Pramuwisata Bahasa Mandarin’,

Happy, M. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Front Office terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel The Axana Padang’, (September).

Listiani, M. (2012) ‘Pentingnya Bahasa Mandarin Bagi Karyawan Nusantara Tour Dan Travel’, (digilib.uns.ac.id).

Ninawati, M. (2012) ‘Kajian Dampak Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Widya, (1993), p. 218706.

Nurjannah, N. U. (2015) ‘Peranan Front Office Departement dalam Melayani Tamu Hotel di Savoy Homann Bandung’.

Puspita, B. (2012) ‘Persepsi Pentingnya Penguasaan Bahasa Mandarin Sebagai Penunjang Pelayanan Bagi Staff Front Office Di Hotel Solo Paragon’, (digilib.uns.ac.id).

Ruum, M. A. and Ahmad, A. I. U. (2021) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Front Office di Hotel Grasia Semarang’, Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 1(1). doi: 10.21831/efisiensi.v7i1.3912.

Setyanto, A. (2014) ‘Pentingnya Penguasaan Bahasa dan Budaya Asing Sebagai Pendukung Utama Sektor Pariwisata’, Jurnal Pariwisata: FIB Universitas Brawijaya, 1(1), pp. 1–12.

Downloads

Published

2022-10-30

Issue

Section

Articles