PENGUATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTS NURUL ILMI CIKUPA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPERIENTAL LEARNING

Authors

  • Siti Apia Sekolah An Nisaa’-Izada
  • Siti Umroh MTs. Nurul Ilmi Cikupa

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v17i4.183

Keywords:

Kepercayaan diri, Pembelajaran IPA, Eksperiental Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengkaji penguatan kepercayaan diri Siswa MTs. Nurul Ilmi Cikupa pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Eksperiental Learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Eksperiental Learning terhadap kepercayan diri siswa, tingkat kepercayaan diri peserta didik yang mengikuti kegiatan belajar dengan pendekatan Eksperiental Learning mencapai nilai 2,75 dalam skala 1-4 dan adanya hubungan jenis kelamin dengan kepercayaan diri siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTs. Nurul Ilmi Cikupa dengan metode pengambilan samplingnya dilakukan secara purposive random sampling dengan jumlah subyek 53 siswa dalam kelas kontrol dan 50 siswa dalam kelas eksperimen. Alat ukur skala untuk mengumpulkan data perilaku kepercayaan diri siswa yaitu: Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS), Sedangkan penilaian instrumen untuk mengukur kepercayaan diri siswa terdiri atas 5 karakteristik: (1) Keyakinan pada diri sendiri, (2) Rasa Optimis, (3) Kepedulian, (4) Memiliki sikap toleransi, (5) Ambisi yang terarah (rasional). Kelima karakteristik sebagaimana disebutkan dikembangkan menjadi tujuh indikator meliputi 42 butir soal dan memiliki Alpha Cronbach sebesar 0,7 yang menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan memiliki reliabilitas yang tinggi. Pengujian hipotesa mencapai nilai 2,8 yang menunjukan bahwa Kepercayaan diri peserta didik dengan pendekatan Experiental Learning lebih besar dari Kepercayaan diri peserta didik dengan pendekatan konvensional

References

Adalikwu, C. (2012). How to build self confidence, happiness and health. Bloomington: Author House.

Apriliana, I. P., & Suranata, K. (2020). Effectiveness of Cognitive Behavioral Group Counseling to Increase Self-Confidence of Vocational High School Students. Bisma The Journal of Counseling, 194-207.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 214-227.

Azmandian, A. (2010). Think yourself successful. New York: McGraw-Hill.

Bryman, A., & Bell, E. 2007. Business Research Methods: second edition. Oxford University Press.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 35-45.

Dörnyei, Z. (2001). Motivational strategies in the language classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010) Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.

Hanafiyah, N.F. (2012). Kajian Teori tentang Kepercayaan Diri, diakses dari http://etheses.uinmalang.ac.id/2246/6/08410130_Bab_2.pdf/, pada tanggaal 12 Maret 2022 pukul 10.40.

Hapasari, Aulia. Kepercayaan Diri Mahasiswa Papua Ditinjau Dari Dukuangan Teman Sebaya. Psikodimensia Vol.13 No.1 Januari-Juni 2014.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). The Application of Experiential Learning Model to Increase Student's Comprehension in The Subject Material of Light and Its Properties. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-15.

Isroila, A., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan diri Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 1-8.

Kolb, D.A. (1984). Experiential learning: experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to Management Learning, Education and Development. Pg. 42-68. Diakses pada: 20 Maret 2022.

Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Alih Bahasa: D.H Gulo. Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Bumi Aksara

Maison, Syahrial, Syamsurizal, & Tanti. (2019). Learning Environment, Students’ Beliefs, and Self-Regulation in Learning Physics: Structural Equation Modeling. Journal of Baltic Science Education, 18(3), 389-403. doi:10.33225/jbse/19.18.389

Malhotra, Naresh K., and David F. Birks. 2012. Marketing Research: An Applied Approach 3rd European Edition. Harlow, England: Prentice-Hall.

Murniati, Palupi A et al. 2013. Alat-alat Pengujian Hipotesis. Semarang. Penerbit Universitas Katolik Soegijapranata.

Murray, D. (2006). Coming out Asperger: Diagnosis, Disclosure, and Self-confidence. London: Jessica Kingsley Publishers.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Taufik, A., Prianto, P.L., Lestari, H. 2007. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Vardiansyah, D. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi. (Online). (http://id.wikipedia.org/wiki/ilmu_alam/. Diakses 03 Maret 2022).

Widyaningtyas, D., & Farid, M. (2014). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kepercayaan Diri dan Kerjasama Tim Remaja. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 3, 237-246.

Wright, J.H. (2009). Building self-confidence with encouraging words. United States of America: Total Recall Publications

Widodo, R. 2009. Model Pembelajaran. (Online). (http://wyw1d.wordpress.com/, diakses 03 Maret 2022).

Downloads

Published

2022-10-30

Issue

Section

Articles