KOLABORASI PROGRAM DOKTOR ISLAMICS ECONOMICS AND FINANCE UNIVERSITAS TRISAKTI GUNA MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA IKATAN PENGUSAHA MUSLIM INDONESIA DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v16i10.16Keywords:
Kolaborasi, Pendidikan Tinggi, UMKMAbstract
Pandemi COVID-19, berdampak pada terjadinya percepatan realisasi revolusi industri 4.0, sehingga mengakibatkan perubahan besar pada tatanan dunia pendidikan dan usaha. Kondisi ini, dapat diantisipasi dengan melakukan sinergi, agar dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kebijakan tersebut, perlu diterapkan guna memenuhi tuntutan terhadap organisasi untuk bekerja cepat dan akurat. Hal ini, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program Doktor, konsentrasi Islamics Economics and Finance, Universitas Trisakti dapat meningkatkan sumber daya manusia pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis metode fenomenologi yang didukung dengan studi pustaka. Adapun hasilnya, Program Doktor Ilmu Ekonomi, konsentrasi Islamics Economics and Finance, Universitas Trisakti perlu melakukankan kolaborasi secara internal dan eksternal. Kolaborasi internal dilakukan dengan Magister Ekonomi, konsentrasi Islamics Economics and Finance, Universitas Trisakti, sedangkan untuk kolaborasi eksternalnya dilakukan dengan Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia, Ikatan Pengusah Muslim Indonesia Kota Bandung dan Kamar Dagang Indonesia Kota Bandung. Aktivitasnya dilakukan dengan memberikan pengetahuan wirausaha yang menggunakan prinsip syariah dan promosi untuk studi lanjut. Pelaku UMKM perlu mengikuti pendidikan formal agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkesinambungan, agar usahanya dapat mengikuti perkembangan zaman.
References
Ambarwati, A. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative, Malang.
Bachtiar, P. P., Diningrat, R. A., Kusuma, A. Z. D., Izzati, R. A., & Diandra, A. 2020. Ekonomi Digital untuk Siapa? Menuju Ekonomi Digital yang Inklusif di Indonesia. The SMERU Research Institute, Jakarta.
Gebrekidan, D.A. & Awuah, G.B. (2002). Interorganizational cooperation: a new view of strategic alliances, The case of Swedish firms in the international market. Industrial Marketing Management, Vol. 31, No. 8, 679–693.
Herman. 2011. Implementasi Manajemen SDM Berbasis Kompetensi: Solusi Proaktif Permasalahan SDM Aparatur. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, VOL. 5, No.1, 68-78.
Hasibuan, M. S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Hariandja, M. T. E. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo, Jakarta.
Hicks, H. G. 1976. The Management of Organization. Mc Graw Hill, USA.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. Pearson.
Lai, E. R. 2011. Collaborations: A Literature Review. Pearson.
Muhfiatun & Nugroho, M. R. 2018. Penerapan Konsep Suply Chain Management dalam Pengembangan Pola Distribusi dan Wilayah Pemasaran UMKM Desa Krambilsawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, Vol. 2, No. 2, 371-396.
Morgan, G. 2006. Images of Organization. Thousand Oaks, CA, Sage.
Ritter, T. & Gemünden, H. G. 2003. Network competence: its impact on innovation success and its antecedents. Journal of Business Research, Vol. 56, No. 9,745–755.
Soeharjoto, Rahayu, F., Octaviani, D., Santosa, W., Sofie, Wiyono, S., 2021. Indikator Kinerja Tugas pokok dan Fungsi Ketua dan Sekretaris Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Journal of Innovation Research and Knowledge, Vol.1, No. 1, 343-354.
Soeharjoto, Ratnawati, N., Mariyanti, T., Syofyan, S., Tribudhi, D. A. 2020. Pemberdayaan ekonomi rumah tangga yang terdampak pandemi Covid-19 melalui usaha mikro dan kecil di Kelurahan Mustikajaya. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, 25-33.
Soeharjoto. 2020. Factors That Affact Inequality Distribution Income in Central Java. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, Vol. 4, No.3, 122-130.
Sijabat, R. 2020. UMKM Naik Kelas: Mengonstruksi Sebuah Desain Faktor Determinant Berluaran Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM di Kota Semarang). Jurnal Bisnis Strategi, Vol.29, No. 1, 1–13.
Susan, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2, 952- 962.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sofyan, S. 2017. Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, Vol. 11 No. 1, 33-64.
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. 2009. Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Sage.
Siringoringo, H. 2005. Riset Operasional Seri Pemrograman Linear. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sydow, J., & Windeler, A (1998) Organizing and Evaluating Interfirm Networks: A Structurationist Perspective on Network Processes and Network Effectiveness. Organization Science, Vol. 9, No. 3, 265-284.
Sutojo, S. 1997. Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran. LPPM, Jakarta.
Tyas, A. A. W. P., & Ikhsani, K. T. W. 2015. Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia. Forum Ilmiah, Vol. 12 No. 1, 1-15.
Winardi. 2004. Manajemen Prilaku Organisasi. Kencana Prenada Media, Jakarta.
Wijoyo, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., & Indrawan, I. 2020. Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi. Pena Persada, Jawa Tengah.