ANALISIS POTENSI PARIWISATA SYARIAH KABUPATEN PANGANDARAN MELALUI OPTIMALISASI INDUSTRI KREATIF

Authors

  • Toneng Listiani Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Udayani Permanaludin Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Analisis Potensi, Pariwisata Syariah, Industri Kreatif

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara muslim dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia sangat berpeluang menjadi pusat wisata halal dunia. Salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia yang diproyeksikan mencapai skala Internasional adalah Kabupaten Pangandaran. Pariwisata syariah di Kabupaten Pangandaran dapat dikembangkan melalui optimalisasi industri kreatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis makna pariwisata syariah bagi pelaku wisata, potensi pariwisata syariah di kabupaten Pangandaran, dan peran industri kreatif yang berkaitan dengan pariwisata Syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian meunjukan Pariwisata syariah masih menjadi istilah yang asing bagi masyarakat dan pelaku wisata di Kabupaten Pangandaran, potensi pariwisata Syariah Kabupaten Pangandaran cukup besar ditinjau dari nilai luhur, budaya, dukungan dari masyarakat, aksesibilitas, atraksi, amenitas, dan kelembagaan, Industry kreatif memegang peran yang sangat penting dalam pengelolaan, penyebaran informasi baik bagi masyarakat, wisatawan, maupun pihak yang memiliki kepentingan dalam pariwisata Syariah di Kabupaten Pangandaran.

References

Riansyah, A.O. Potensi Pariwisata Syariah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Dipenogoro.

Sahida, W., Rahman, S.A., Awang,K., & Man,Y.C. (2011) The Implementation of Shariah Compliance Concept Hotel: De Palma. The 2nd International Conference on Humanities, Historical and Social Sciences. 17,pp. 138-142.Singapore. IACSIT Press.

Sapudin, A., Adi, F., Sutomo (2014) Analisis Perbandingan Hotel dan Pariwisata Syariah dengan Konvensional. Bogor. Magister Manajemen Syariah. IPB.

Sucipto, (2014) Peluang Wisata Syariah. Mahaka Group. Dipetik Agustus 10, 2019. Dari Republika online: http//www.republika.co.id/berita/koran/opini- koran/14/08/11na4ooc19-peluang-wisata-syariah.

Supangkat, Subono Harso, Biranul Anas Zaman, Togar, Simatupang (2008) Industri Kreatif untuk Kesejahteraan Bangsa. Bandung. Inkubator Industri dan Bisnia.

Pearce, D. (1989). Tourist Development. Essex. Longman Group UK. Pendit, Nyoman S. 2006. Ilmu Pariwisata. Jakarta. Pradnya Paramita

Prastowo. (2011). Memahami Model Penelitian. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Reisinger, Y. & Turner, LW. (2003). Cross Cultural Behaviour in Tourism. Concepts and Analysis. Oxford. Butterworth Heinemann.

Kuncoro, Mudrajad, 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta. Erlangga.

Moira, p., Mylonopoulos, D & Kontoudaki, A. (2012) The Management of Tourist’s Alimentary Needs by the Tourism Industry. International Journal of Culture and Tourism Research, 5 (1), 129-140.

Riansyah, A.O. Potensi Pariwisata Syariah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Dipenogoro.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung. PT rafika Aditama.

Siagiaan, P.S. (2007). Manajemen Stratejik. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sucipto, (2014) Peluang Wisata Syariah. Mahaka Group. Dipetik Agustus 10, 2019. Dari Republika online:http//www.republika.co.id/berita/koran/opini- koran/14/08/11na4ooc19-peluang-wisata-syariah.

Sunaryo, Bambang.2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta. Gava Media.

Wahab, Salah. (1992). Pemasaran Pariwisata. Jakarta. Pradnya Paramita

Yoeti Oka A. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta. Pradnya Paramita

Jurnal Nasional Pariwisata, Volume 5 Nomor 3, Desember 2013

Jurnal Pariwisata, Volume 1, Nomor 2, September 2014

Ross, GF. (1998). The Psychology of Tourism. Melbourne. Hospitality Press.

Triana (2014) Analisis Potensi Pariwisata Syariah Dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif di DIY”.

Wahab, Salah. (1992). Pemasaran Pariwisata. Jakarta. Pradnya Paramita

Yoeti Oka A. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta.

Pradnya Paramita Jurnal Nasional Pariwisata, Volume 5 Nomor 3, Desember 2013 Jurnal Pariwisata, Volume 1, Nomor 2, September 2014

Subsektor Ekonomi Kreatif. Kemenparekraf .kemenparekraf.go.id: https://bit.ly/3kd0seB

Downloads

Published

2025-10-30

Issue

Section

Articles