EXPERIENTAL LEARNING DALAM KONTEKS PARIWISATA BERKELANJUTAN DI CALDERA ADVENTURE DAN CR ONE GROUP

Authors

  • Muhammad Fauzan Program Magister Pariwisata Institut Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro Tanah Kusir
  • Myrza Rahmanita Program Magister Pariwisata Institut Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro Tanah Kusir
  • Arief Faizal Rachman Program Magister Pariwisata Institut Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro Tanah Kusir
  • Nurbaeti Program Magister Pariwisata Institut Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro Tanah Kusir

Keywords:

Pariwisata Berkelanjutan, Experiental Learning, Edukasi, Budaya, Pelestarian Alam

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan model experiential learning dalam konteks pariwisata berkelanjutan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peran elemen edukasi, budaya, alam, dan eksplorasi dalam menciptakan pengalaman wisata yang berkesinambungan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi keempat elemen ini tidak hanya meningkatkan pengalaman wisatawan, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Model yang dihasilkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di masa depan.

References

Arida, I. N. S. 2014. Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan. Sustain-press. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/81eee6c1d3a4969 0e16b3be3dfb9855f.pdf.

Dewi, H. K. 2020. "Konsep Pariwisata Berkelanjutan dalam Pelestarian Cagar Budaya." Jurnal Pariwisata Terapan 4, no. 2: 87–97.

Kolb, D. A. 2014. Experiential learning: Experience as the Source of Learning and Development. FT Press.

Silberman, M. 2016. Handbook Experiential learning. Bandung: Nusa Media.

Sagitarini, M. D. N., I. Ketut Ardana, and I. Gusti Ayu Agung Sri Asri. 2020. "Model Experiential learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA." JIPP 4, no. 2: 315–327.

Kolb, D. A. 1984. Experiential learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

McCabe, S., L. Minnaert, and A. Diekmann, eds. 2012. Social Tourism in Europe: Theory and Practice. Bristol: Channel View.

Global Sustainable Tourism Council (GSTC). 2021. Global Criteria for Sustainable Tourism. Accessed from https://www.gstcouncil.org/gstc-criteria.

Timothy, D. J. 2018. Cultural Heritage and Tourism: An Introduction. Channel View Publications.

Beard, Colin, and John P. Wilson. 2018. Experiential learning: A Practical Guide for Training, Coaching and Education. London: Kogan Page.

Yuanita, I. 2022. "Manajemen Wisata Edukasi Berbasis Experiential learning di Desa Wisata Pulutan." Jurnal Pariwisata Edukasi 8, no. 4: 110–122.

Hendrik, T. 2023. "Conceptual Model of Cross-Boundary Learning in Adventure Tourism." International Conference on Tourism and Management in Hospitality 32, no. 4: 45–56.

Goeldner, Charles R., and J. R. Brent Ritchie. 2012. Tourism: Principles, Practices, Philosophies. New Jersey: John Wiley & Sons.

Buckley, Ralf. 2018. "Sustainable Tourism: Research and Reality." Annals of Tourism Research 70: 23–36. https://doi.org/10.1016/j.annals.2018.03.006.

Downloads

Published

2025-10-30

Issue

Section

Articles