ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KOPI AYANI DI KOTA PANGKALPINANG
Keywords:
Strategi pemasaran, Instagram, brand awareness, UMKM, Kopi AyaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran media sosial Instagram terhadap brand awareness konsumen pada Kopi Ayani di Kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 150 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @kopi_ayani. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, regresi linier sederhana, uji t, dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Rata-rata jawaban responden menunjukkan kecenderungan yang positif terhadap strategi pemasaran dan brand awareness Kopi Ayani. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara strategi pemasaran Instagram terhadap brand awareness dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,825 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,681. Uji t dan ANOVA juga menunjukkan hasil yang signifikan (p < 0,001), menandakan bahwa strategi pemasaran Instagram secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap brand awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran Instagram yang dilakukan oleh Kopi Ayani efektif dalam meningkatkan brand awareness konsumen di Kota Pangkalpinang.
References
O. R. H. S. Laurentius, "Jurnal Pengabdian Masyarakat," Digitalisasi UMKM berbasis Retail melalui Program Hibah RISTEK-BRIN, vol. 4, pp. 1-13, 2021.
L. O. R. H. Sarwindah, "Jurnal Teknologi Terpadu," MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA RUMAHAN SAYURAN HIDROPONIK DENGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI, vol. 7, pp. 65-69, 2021.
H. Y. S. Seno Hadi Saputro, "Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat," Upaya Peningkatan Promosi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman di Kota Pangkalpinang Memanfaatkan Innovatif Digital Learning, pp. 09-20, 2019.
H. M. Y. Sarwindah, "Jurnal Pengabdian Mandiri," PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL MARKETING DAN MARKETPLACE BAGI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 5 PANGKALPINANG MELALUI PELATIHAN TERPADU, vol. 3, pp. 1073-1078, 2024.
I. F. K. A. W. Arshad Denanindra Hutomo, "Analisis Strategi Marketing dan Branding pada Akun Instagram Kopi Lokal Kekinian Indonesia," Jurnal Komunikasi dan Media , pp. 15-25, 2023.
M. N. S. Nuthfa Rosa Aminah Talib, "Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Brand Awareness pada UMKM Kota Tangerang Selatan di Era Digital," Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Agribisnis, pp. 87-96, 2024.
D. Ramadhan, "TRATEGI MEDIA SOSIAL DAN CREATIVE BRANDING BANYUMU DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS," Jurnal Visi Komunikasi, pp. 86-95, 2020.
N. P. Y. A. A. A. A. M. I. W. S. W. P. S. Nyoman Sri Manik Parasari, "Jurnal Manajemen Ekonomi dan Akuntansi," Peran Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness XOVID20, pp. 270-276, 2025.
S. A. Josephine Nathania Winata, "Jurnal Kewarganegaraan," Strategi Influencer Marketing dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie.id), pp. 4262-4272, 2022.
F. R. M. Fiki, "Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, dan Pajak," Peran Media Sosial dalam Peningkatan Kesadaran Merek dan Penjualan, pp. 201-208, 2025.
A. P. P. M.Masrukhan, "Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi," Strategi Promosi Umkm dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Jogja T-Shirt Omah Oblong), 2024.
L. R. I. S. A. I. G. A. A. A. P. A. Y. F. N. R. D. K. G. N. P. E. A. A. S. N. P. S. D. V. V. Febi Ramadhani Rusdin, Digital Branding (Strategi Merek Di Dunia Digital), Bandung: Widina Media Utama, 2025.
A. P. R. G. G. Soni Santana, "Jurnal Transformasi Bisnis Digital," Evaluasi dan Rekomendasi Konten Instagram Sebagai Alat Pemasaran UMKM Kripjungan, pp. 67-79, 2024.
A. Chesaria, "Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi," PERAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESSUNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN, pp. 139-148, 2023.
N. H. Hayyina Rahma, "Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara," Penggunaan Digita lMarketing terhadap Peningkatan Brand Awareness PT Produk Zilla Akademi Indonesia, pp. 1821-1828, 2023.
G. C. L. D. N. S. S. S. V. M. S. R. Y. N. Alexa Chelsea Sutanto, "Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital," Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Proses Branding Pada Umkm Di Kemanggisan, pp. 204-211, 2024.
Y. I. A. S. H. Nurcahyani Dewi Retnowati, "Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Kancanegara," PEMANFAATAN ENDORSE DAN HASHTAG UNTUK PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA UMKM DI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNG KIDUL, pp. 69-80, 2020.
A. W. Saskia Apriliana Hermawan, "Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo," Pengaruh Influencer Terhadap Brand Ambassador Pada Martha Beauty Bar, pp. 457-466, 2023.
S. M. La Ode Marsudin, "Jurnal Research of Management," PENGARUH TOP OF MIND, BRAND RECALL, DAN BRAND RECOGNITION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI SAYURBOX BALI, pp. 83-101, 2023.
L. H. Rianty Ameliawaty, "Jurnal Riset Bisnis dan Investasi," Pengaruh Brand Awareness terhadap Consumer Decision Making, pp. 63-73, 2017.
A. Mardiastuti, "www.detik.com," 25 Agustus 2022. [Online]. Available: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6253944/mengenal-rumus-slovin-kapan-digunakan-dan-contoh-soal?.
S. G. K. A. Nur Fadilah Amin, "Jurnal Kajian Islam Kontemporer," KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN, pp. 15-31, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusnia Yusnia, Sarwindah Sarwindah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













