PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC

Authors

  • Selvi Boeng
  • Singgih Santoso Duta Wacana Christian University

Keywords:

Kualitas Produk, Citra merek, Promosi, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, skincare skintific.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kualitas produk, Citra merek, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas pada produk Skincare Skintific. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian adapun populasi dari penelitian ini adalah masyarakat pengguna skincare skintific sebanyak 150 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, namun memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Citra merek terbukti signifikan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, kepuasan konsumen sangat berpengaruh pada loyalitas konsumen, sementara promosi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen tetapi tidak terhadap kepuasan konsumen.

References

Afrianti, W., & Maulana, A. (2024). The impact of product quality, price, and promotion on the consumer satisfaction of Scarlett Whitening serum products. Marketing Management Studies, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.24036/mms.v4i1.421

Badan Pusat Statistik DIY. (2019). Pertumbuhan ekonomi DIY triwulan III-2019. https://yogyakarta.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/961/pertumbuhan-ekonomi-diy-triwulan-iii-2019.html

Consuegra, D., Molina, A., & Esteban, A. (2007). Model harga terintegrasi dan dampak kewajaran harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. IEEE.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE.

Devi, Y., Saefurrohman, G. U., Ermawati, L., & Ningsih, N. (2023). Perceived value, customer loyalty and consumer satisfaction in skincare products: Evidence from Bandar Lampung. Peradaban Journal of Economic and Business, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.59001/pjeb.v2i1.55

FoEh, J. E. H. J., & Anggoro, D. P. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada produk Indomie di Superindo Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, N., & Lubis, S. D. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. Harapan Cerdas Publisher.

Hartono, J. (2016). Metodologi penelitian bisnis: Salah kaprah dan pengalaman-pengalaman (Edisi 6). BPFE Yogyakarta.

Hollingshead, S. J., Wohl, M. J., & Davis, C. G. (2021). On being loyal to a casino: The interactive influence of tier status and disordered gambling symptomatology on attitudinal and behavioral loyalty. Journal of Behavioral Addictions, 10(3), 675–682.

Idemon, A. F., & Nisa, P. C. (2024). The effect of brand equity on brand loyalty to skincare products mediated by customer satisfaction. Paradigma Journal of Science, Religion and Culture Studies, 21(1), 156–171. https://doi.org/10.33558/paradigma.v21i1.7351

Jenneboer, L., Herrando, C., & Constantinides, E. (2022). The impact of chatbots on customer loyalty: A systematic literature review. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 17(1), 212–229.

Kandampully, J., & Suhartanto, D. (2000). Customer loyalty in the hotel industry: The role of customer satisfaction and image. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 12(6), 346–351.

Laura, A. M., & Thaib, I. (2025). The influence of product quality, online shopping experience and price fairness on consumer loyalty at Skintific skincare in Padang City with customer satisfaction as a mediating variable. International Journal of Economics and Management Research, 3(3), 297–309. https://doi.org/10.55606/ijemr.v3i3.428

Lestari, D. A., & Nurhadi. (2021). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas merek produk kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(3).

Ma’azah, N., & Prasetyo, A. (2023). The influence of brand image on customer loyalty through customer satisfaction as intervening variable on skincare products. Airlangga Journal of Innovation Management, 4(2). https://doi.org/10.20473/ajim.v4i2.50401

Mankiw, N. G. (2020). Principles of economics (9th ed.). Cengage Learning.

Maharani, O. R., Wijayanto, H., & Abrianto, T. H. (2020). Pengaruh citra merek dan kualitas produk pada kepuasan konsumen dimoderasi oleh loyalitas (Studi kasus pada lipstik Wardah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(1).

Mathur, R. P., & Anindyawati, M. (2022). Customer satisfaction on the quality of services of local skin care products. Journal of International Business Research and Marketing, 7(5), 12–18.

Pratiwi, I., & Soliha, E. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada Klinik Natasha Skin Care di Semarang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 11(1).

Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Zifatma Publishing.

Rezzy, D., Faizah, K., Putri, G. C., Kurniati, N., & Qomariah, N. (2024). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada mie “SKR” Jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Rondonuwu, P. (2013). Kualitas produk, harga dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pengguna mobil Nissan March pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 718–728. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2755

Rully, K. H., Limgiani, & Kirom, N. R. (2023). Study of the effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty to Inez Cosmetics Company of Malang. International Journal of Scientific and Applied Research (IJSAR), 3(2), 44–52. https://doi.org/10.54756/IJSAR.2023.V3.2.5

Safitri, A., & Nugroho, H. (2024). The effect of product quality and Wardah skincare brand trust on customer loyalty mediated by customer satisfaction. International Journal of Global Accounting Management Education and Entrepreneurship, 4(2), 282–297. https://doi.org/10.48024/ijgame2.v4i2.147

Santoso, S., & Woen, N. G. (2021). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, promosi dan harga normal terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen (Studi kasus restoran cepat saji Burger King di Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(3).

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen (Zoelkifli Kasip, Trans.). Indeks.

Setiawan, D., Riorini, S. V., Andhika, R., & Benedick, J. (2025). The effect of marketing communication dimensions on brand loyalty in skincare sales in Indonesia. Abdimas Indonesian Journal, 5(1), 7–18. https://doi.org/10.59525/aij.v5i1.567

Simanjuntak, M., Sari, M., & Siahaan, L. R. (2024). The influence of product quality and online shopping experience (OSE) on consumer loyalty through customer satisfaction on local skincare products. Procedia Computer Science, 232, 387–395. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.03.037

Siregar, D. P., & Yusnita, R. (2024). The product quality on repurchase interest, which is mediated by customer satisfaction with MS Glow skincare products in Jambi City. Journal of Business Studies and Management Review, 7(2), 112–122. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v7i2.34378

Sun, J.-C., & Yi, Y. (2006). When brand attitudes affect the customer satisfaction–loyalty relation: The moderating role of product involvement. Journal of Consumer Psychology, 16(2), 145–155.

Susanti, N. P. H., & Wardana, I. M. (2015). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada produk kosmetik hijau merek “The Body Shop”. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1).

Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: Prinsip dan penerapan. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality & satisfaction (4th ed.). Andi Offset.

Wijayani, T., & Prambudi, W. (2020). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan (Studi empiris pada konsumen Wardah di gerai Pusat Grosir Cililitan). Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 9(2).

Widyaiswara, T., & Sutopo. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan air minum dalam kemasan Club di Semarang). Jurnal Manajemen Strategi, 5(2).

Downloads

Published

2025-10-28

Issue

Section

Articles