PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KOMPONEN LITERASI NUMERIK DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Tiawanti Pendidikan Dasar, Universitas Pakuan
  • Tirta Puspitasari SDN BURANGKENG 02
  • Iis Setiawati Pendidikan Dasar, Universitas Pakuan
  • M Zainal Arifin Pendidikan Dasar, Universitas Pakuan

Keywords:

Pendidikan;Dasar:pascasarjana;Pakuan

Abstract

Saat ini, sistem pendidikan di Sekolah Dasar menggunakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengajarkan literasi numerik. Literasi numerik adalah kemampuan berpikir untuk menyelesaikan masalah matematika sehari-hari dengan menggunakan konsep, teknik, informasi, dan alat bantu. Salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan literasi numerik, terutama untuk membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari dan membuat keputusan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ada banyak masalah yang terkait dengan kemampuan literasi numerik siswa sekolah dasar di Indonesia, termasuk kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki masalah literasi numerik di sekolah dasar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menggunakan Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan penelaahan berbagai studi relevan secara sistematis dan terstruktur. Dari proses penelusuran awal peneliti berhasil mengidentifikasi 45 artikel melalui Google Scholar, artikel berbahasa Indonesia pada rentang tahun 2020-2025, ada 20 artikel yang relevan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat yang menjadi dasar analisis mendalam. Hasil kajian terdapat tiga aspek utama sumber kesulitan siswa, yaitu: (1) kesulitan dalam menghitung bilangan bulat, terutama dalam operasi hitung dasar dan soal cerita; (2) kelemahan dalam memahami dan mengonversi bentuk persen, desimal, pecahan, dan perbandingan; serta (3) ketidakmampuan dalam memahami dan menerapkan konsep relasi serta pola bilangan. Ketiga aspek ini mengindikasikan masih banyak siswa yang belum memahami konsep dasar matematika secara menyeluruh. Maka jalan baru penelitian ini yaitu implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Concrete-Representasional-Abstract (CRA), membuat media pembelajaran inovatif dan tradisional, memberikan permainan edukatif, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek.

References

Agustina, N., Pranata, O. H., & Nugraha, A. (2020). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Pemahaman pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 91–99. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26461

Ainiyyah, Q., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Fase A Dalam Mengurutkan Bilangan. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.876

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Penerapan Media Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sekolah Dasar Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 81–92.

Ayunis, B. S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Perkembangan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. JurnalBasicEdu, 5(6), 5363–5369.

Cantika, F., Harahap, A., & Harahap, N. A. (2025). Analisis Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Menggunakan Metode Blending Learning Dengan Think-Talkwrite (TTW) pada Materi Relasi dan Fungsi. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 645–653.

Ermawati, D., Ayu, D., Amaruddin, W., Ayu, L., & Ika, C. C. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI. JPST : Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(3), 400–404.

Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369

Hikmah, S. N., & Vioreza, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 12–22.

Irawan, E. P., Yustitia, V., & Kusmaharti, D. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas III SD pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 129–141.

Isnaeni, N., Sessu, A., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbantu Alat Peraga terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 64–70.

Kalsum, U., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didikpada Kelas 5 SDN 027 Takatidung. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 7(1), 20–2.

Kefi, M. E., Disnawati, H., & Suddin, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Relasi Menggunakan Certainty of Response Index (Cri). Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 21–26. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp21-26

Khoirudin, M., Anjani, T., & Suyoto, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Kebondalem. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 190–199. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.772

Meirina, E. N., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vi Sd 3 Jekulo Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 85–95. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5382

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nugroho, I. A., Purbasari, I., Bakhruddin, A., & Kudus, U. M. (2023). Analisis Pola Kesulitan Belajarmatematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswasekolah Dasar. Prismatika:JurnalPendidikandanRisetMatematika, 6(1), 182–197.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020a). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020b). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurhayati, H., & Langlang Handayani, N. W. (2020). Peningkatkan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Permatasari, D. P., Rudyanto, H. E., & ... (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Mata Pelajaran Matematika pada Materi Pecahan Menggunakan Model PjBL pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional …, 3(1), 678–682. Retrieved from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5868

Pradnyana, P. ., Marhaeni, A. A. I. ., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 53–63.

Presilvania, N. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pembagian Bentuk Persen dan Desimal Siswa Kelas V SDN Sawocangkring.

Pulungan, R. O. T. (2023). Learning Obstacle Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bilangan Desimal. Journal of Professional Elementary Education, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i1.25

Putri, M. A., & Purwanto, S. E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SD Kelas V dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita pada Materi Pecahan Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1653

Rosit Mustofa, Sofyan Anif, M. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Sapruddin, A. Z., Rahmawati, F. P., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2025). Peningkatan literasi numerasi siswa kelas 4 dengan math adventures berbasis problem-based learning. Penamas: Journal of Community Service, 5(1), 65–75.

Saragih, D. I., Aulia, A. S., Putri, A., Aisy, R., & Syafitri, N. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 4 SD Negeri 106162 Medan Estate dalam Memahami Pola Bilangan dan Solusi Pembelajarannya. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 2(2).

Shah, K., Syarifuddin, A., Hamzah, A., & Handayani, T. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 161–170. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.799

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 36–46. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp36-46

Yetni Marlina, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Pada Konsep Bilangan Cacah. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 07, 1–7.

Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ulul Albab, 28(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.23326

Zulfikar, Y. F., & Wapa, A. (2023). Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–34.

Downloads

Published

2025-10-28

Issue

Section

Articles