PENGARUH PROMOSI SOSIAL MEDIA, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN

Authors

  • Angelia Anggraini
  • Singgih Santoso Duta Wacana Christian University

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Loyalitas Konsumen, Persepsi Harga, Promosi Sosial Media

Abstract

Perkembangan dunia ini tidak lepas dari teknologi. Salah satu hal yang tidak bisa lepas dari teknologi adalah bisnis seperti toko. Toko-toko jaman sekarang banyak memanfaatkan teknologi dalam perkembangannya sehingga muncul istilah online shop. Pada dasarnya, bisnis sangat mementingkan kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan. Promosi pada media sosial, persepsi harga, dan kualitas layanan juga berpengaruh pada kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi pada media sosial khususnya TikTok, persepsi harga, dan kualitas layanan dapat terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah pembeli yang sudah pernah membeli album K-pop dan merchandise K-pop di Toko Mintsugar_1993 dengan jumlah 152 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi harga dan kualitas layanan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan promosi sosial media tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen

References

Rosdiana, R., & Haris, I. A., & Suwena KR. Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 2019;11(3):318–328.

Alamsyah IE. Republika Online. 2023. Survei: 82 persen Konsumen Pilih Belanja Elektronik lewat E-Commerce daripada Offline. Tersedia pada: https://ekonomi.republika.co.id/berita/s05vs7349/survei-82-persen-konsumen-pilih-belanja-elektronik-lewat-ecommerce-daripada-offline

Pratita, P. B., & Yuliana N. Fenomena Budaya K-Pop Terhadap Kehidupan Sosial Remaja. Triwikrama Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial. 2023;2(8):2988–1986. Tersedia pada: https://ejournal.warunayama.org/Index.Php/Triwikrama/Article/View/1361/1270

Safitri, N., Anjeli, S. P., Sazali, H., & Andinata M. Efek Penyebaran Korean Wave (Hallyu) Di Indonesia Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam. Da Watuna Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 2024;4(3):906–12.

Kotler, P. & K. Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jakarta: Prentice Hall, Salemba Empat; 2007.

Indrasari M. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press; 2019.

Nurhayani, H., Fitriadi, B. W., & Pauzy D.M. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Rental Alat Camping (Survei Pada Pelanggan Astrajingga Adventure). EBISMAN : eBisnis Manajemen. 2025;1(3):3025-437x.

Kotler, P. and Armstrong G. Principles Of Marketing. 14th Edition. Essex, England: Pearson Education Limited; 2012.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati A. Digital Marketing. Edulitera. Malang: Edulitera; 2020. Tersedia pada: https://repository.um.ac.id/1150/1/Fullteks.Pdf

Parasuraman, A., Berry, Ll., And Zeithaml AV. Serqual : A Multiple Item Scale For Measuring Customer Perseption Of Service Quality. Journal of Retailing. 1988;64(1):12–40.

Hartono J. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman (Edisi 6). Yogyakarta: BPFE; 2016.

Ghozali I. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2008.

Aryani, D & Rosinta F. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 2010;17(2).

Hair, Joseph F., Anderson, Rolph E., Black, Babin, Barry J. WC. Multivariate Data Analysis (Ed. 8th). Hampshire: Cengage Learning; 2019.

Haryono, S., & Wardoyo P. Structural Equation Modeling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18. Bekasi: PT Intermedia Personalia Utama; 2013.

Maulana, A.E., Lewangka, O., Mappatompo A. Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen pada UMKM Ayam Kampung Frozen Food Dapoer Umma di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management. 2023;8(1):298–310. Tersedia pada: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/3792/2465

Harianto, E. F. E. & Ellyawati J. The Influence of Perceived Usefulness, Trust, and Risk on Loyalty in the TikTok Shop: Test of Consumer Satisfaction as a Mediation Variable. Journal of Entrepreneurship & Business. 2023;4(1).

Dewi, P. S. A., & Suprapti NWS. Membangun [Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. 2018;87.

Reisinger, Y., & Turner L. Cross-cultural differences in tourism: Indonesian tourists in Australia. Tourism Management. 1997;18(3):139–47.

Nurdiansyah & F. Effect of Price on Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: Case Study on One of The E Commerce. Majalah Bisnis & IPTEK. 2021;14(2):102–11.

Zhao, Huiliang, Yao, Xuemei, Liu, Zhenghong, and Yang Q. Impact of Pricing and Product Information on Consumer Buying Behavior With Customer Satisfaction in a Mediating Role. Frontiers in Psychology. 2021;12.

Indajang, K., Candra, V., Sianipar, M. Y., Sembiring, L. D., & Simatupang S. The Effect of Service Quality and Price on Customer Satisfaction. Ekuitas: Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah. 2023;4(3):942–50.

Situmeang S& S. The Effect of Service Quality, Customer Orientation and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. International Journal of Economics (IJEC). 2024;3(2).

Hadiputro, M. F. M., & Rofiaty FF. The Effect of Service Quality and Perceived Value on Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Universitas Brawijaya). 2024;3(2).

Sukarana, D. I., Anas, T., & Machmury N. Impact of Service Quality on Customer Satisfaction: Study on Livin’ by Mandiri Application Service Quality. 2024;

Juniantara, I. M. A. and TGRS. Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2018;7(11).

Hafidz, G. P., & Huriyahnuryi K. The Effect of Perceived Value on Customer Satisfaction and Customer Loyalty in the Fast Food Industry in Indonesia. Sinomics Journal. 2023;2(1).

Viqih, M., Gunistiyo, G., & Hanfan A. Analisis pengaruh loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. 2023;7(1).

Downloads

Published

2025-10-28

Issue

Section

Articles