STUDI KELAYAKAN TEMPAT PARKIR GEDUNG KULIAH BERSAMA POLITEKNIK NEGERI CILACAP
Keywords:
studi kelayakan, parkir, jam puncakAbstract
Politeknik Negeri Cilacap sebagai Perguruan Tinggi Negeri tunggal di Kabupaten Cilacap menjadikannya Perguruan Tinggi pilihan favorit masyarakat Cilacap dengan jumlah mahasiswa pertahun yang terus bertambah sehingga dengan sendirinya menuntut ruang parkir yang cukup. Permintaan parkir yang melebihi kapasitas parkir yang tersedia dan terhambatnya manuver kendaraan menyebabkan tertundanya pengunjung yang akan parkir sehingga dapat memicu adanya parkir di bahu jalan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan tempat parkir di Gedung Kuliah Bersama Politeknik Negeri Cilacap sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dalam mengoptimalisasi ruang parkir yang ada sehingga menjadi lebih baik lagi. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey pengamatan lapangan dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwwa kapasitas parkir pada hari puncak tidak memenuhi syarat yang dtunjukan dengan jumlah kendaraan yang parkir per jamnya melebihi kapasitas parkir yang ada. Indeks parkir (IP) > 1 artinya kebutuhan parkir masih diatas daya tampung sehingga dapat dikatakan “kurang layak”. Analisa tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja parkir pada saat waktu sibuk dapat dikategorikan “cukup layak”.
References
Krisdiyanto, A., Dewi, K., Patria, A.S.N., 2021, Studi Kelayakan Tempat Parkir Pengunjung ADA Swalayan Setiabudi Kota Semarang, Jurnal Kacapuri, no 2, vol 4, hal 235–244.
AS, M.P.H., Hotter, R., Fadhli, A., Wahyuni,S., 2024, Pengaruh Manuver Parkir Kendaraan Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Solok Terhadap Arus Lalu Lintas, Journal of Scientech Research and Development, no 1, vol 6, hal 552-562.
Permadi, D.D., Fathurrohman, I., Hidayat, M., Purwanto, D., 2023, Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Bahu Jalan Sepanjang JL. Ahmad Yani Kota Sukabumi. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan, no 2, vol 5, hal 127–140.
Hadijah, I., & Sriharyani, L., 2016, Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan ( Studi Kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro ). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, no 2, vol 5, hal 110–112.
Hani, S., 2020, Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus Jalan Wahidin Depan Sekolah Wiyata Darma, Jurnal Jurusan Teknik Sipil, Universitas Pembina Masyarakat Indonesia, no 2, vol 5, hal 404–411.
Pemerintahan Indonesia, 1993, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, Jakarta.
Departemen Perhubungan Darat Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Jakarta.
Nabal, A. R. J., 2014, Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil, no 1, vol 13, hal 32–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MUHAMAD SOFI ARDANI, Nur Indah Wardani, Annisa Yuliana Angeline, Zhilal Shadiq, Sari Sekar Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.