PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNIT PENUNJANG DI RUMAH SAKIT: NARATIVE LITERATUR REVIEW

Authors

  • Tasia Deastuti Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Sutopo Patria Jati Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Suhartono Suhartono Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Keywords:

Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Abstract

Latar  Belakang: Kualitas memiliki hubungan yang sangat erat dengan kepuasan pasien, yaitu kualitas memberikan suatu dorongan kepada pasien untuk menjalani ikatan hubungan yang kuat dengan rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien, yang pada gilirannya menghasilkan kepuasan pasien dan kesetiaan pelanggan kepada rumah sakit yang memberikan kualitas yang memuaskan.3 Layanan harus memenuhi lima dimensi utama untuk memastikan pelanggan puas. instrument pengukuran untuk perspektif mutu menurut pelanggan yang meliputi lima dimensi, yaitu: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible.5 Kualitas pelayanan kesehatan menjadi hal penting perlu diwujudkan oleh sarana pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Untuk memenuhi standar ini, fasilitas kesehatan harus terus berupaya meningkatkan kualitas perawatan yang mereka berikan.

Tujuan: Tujuan studi narrative literatur review ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kepuasan terhadap pelayanan rawat jalan.

Metode: Metode  yang  digunakan adalah  2019 sampai 2024. Sumber artikel berasal dari jurnal nasional dan  internasional yang diperoleh  dari  database  Google  Scholar, dengan kata kunci: kepuasan pasien, mutu pelayanan kesehatan, dan rawat  jalan rumah sakit.  Artikel  kemudian  disaring berdasarkan kriteria tertentu. Hasil : Telaah   terhadap   7   jurnal   menunjukkan beberapa  indikator kualitas pelayanan  yang  berhubungan dengan kepuasan pasien, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan  bukti fisik. Kesimpulan: Dari hasil analisis jurnal dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien rawat jalan  dipengaruhi oleh kualitas pelayanan rumah sakit. Semakin baik  mutu  pelayanan,  semakin  baik pula respon pasien terhadap pelayanan rumah sakit khususnya bagian penunjang. Salah satu dampak positifnya adalah loyalitas pasien yang meningkat dan pasien percaya dengan hasil penunjang yang diperoleh, sehingga mereka cenderung kembali untuk berobat ke rumah sakit dan merekomendasikan kepada khalayak umum untuk dapat berobat ke rumah sakit.

References

Fidela Firwan Firdaus AD. Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. J Medicol Leg Hosp Manag. 2015;4.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. J Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 9-15, Januari 2017 [Internet]. 2017;6 (1):9–14. Available from: website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs DOI:

Kosnan W. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. J Ekon Bisnis, dan Akunt. 2020;21(4).

Rosalia KJ. Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. 2018;7(5):2442-2469.

Noer LR. Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). J Res Technol [Internet]. 2016;2(1):35–43. Available from: https://core.ac.uk/download/pdf/228914806.pdf

Rini AS. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Peserta jaminan kesehatan Masyarakat. J Agromed Unila. 2015;2(2):128–34.

Irawan B, Kurnia RA, Sitanggang ED, Achmady S. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). J Keperawatan Dan Fisioter. 2020;3(1):58–64.

Santoso, T., Fikri, Z., & Jiwantoro, Y. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS), 8(1), 13-16. doi:https://doi.org/10.32807/jambs.v8i1.223

Anggraini, S., Suliyanto, S., & Roestijawati, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis, Penunjang Medis, Non Medis, Simrs (Pasien) Terhadap Kepuasan Pasien RSGMP UNSOED. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 24(1), 28-46. doi:10.32424/jeba.v24i1.11568

Erwin, T., & Pratiwi, D. U. (2020). Hubungan mutu pelayanan radiologi diagnostik dengan kepuasan pasien di Instalasi Radiologi RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi 3 Lampung tahun 2017. Erwin. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Indonesia (JIKMI). https://doi.org/10.57084/jikmi.v1i2.431

Nurcahyani, D., & Kartikaningrum, V. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Petugas Farmasi dan Ketersediaan Obat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RS Santa Clara Madiun Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina (JIIS): Ilmu Farmasi dan Kesehatan, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.36387/jiis.v5i1.384

Sulo HR, Hartono E, Oetari RA, Samarinda SD, Budi US. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta. 2019;5 (1):81-90.

Molenaar, E. R., Karamoy, H., Wagey, F., & Surya, W. S. (2022). Studi Korelasional antara Minat Pasien dan Sarana Prasarana Terkait Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit TNI AU Sam Ratulangi Manado. E-CliniC, 11(1), 117–123. https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44324

N. Nopriwan, S. P. Arso, and N. Nurjazuli, "Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Unit Kedokteran Nuklir Instalasi Radiologi RSUP Dr. Kariadi Semarang," Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, vol. 10, no. 2, pp. 115-124, Aug. 2022. https://doi.org/10.14710/jmki.10.2.2022.115-124

Nurjannah SA, Yuniar N, Jazuli J. Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Dan Perilaku Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2022. Heal Tadulako J. 2022;9 (2277):16-17.

Ginting T, Chairul M, Pane PY, Sudarsono, Renaldi MR, Lubis FH. Mutu pelayanan dan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di rumah sakit X. Jurnal Prima Medika Sains. 2021;3 (2) : 60-6

Downloads

Published

2025-02-07

Issue

Section

Articles