PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERSEPSI SIVITAS AKADEMIKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HUMAS POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Authors

  • Syarifah Novieyana Politeknik Negeri Pontianak
  • Marsela Diaz Politeknik Negeri Pontianak
  • Anistya Fitri Larasati Politeknik Negeri Pontianak

Keywords:

Media Sosial, Persepsi,, Pelayanan, Humas

Abstract

Polnep sudah menggunakan berbagai media sosial  untuk menyampaikan informasi kepada sivitas akademika. Namun faktanya masih banyak sivitas akademika yang tidak mengetahui akun-akun media sosial tersebut. Mereka hanya mengetahui akun Instagram Polnep saja, padahal informasi yang disampaikan Humas Polnep bisa diakses disemua akun media sosial yang ada. Berdasarkan observasi dan wawancara awal diketahui bahwa respon sivitas akademika belum begitu memuaskan untuk penggunaan media sosial yang dilakukan  Humas Polnep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media sosial dan persepsi sivitas akademika terhadap kualitas pelayanan Humas Polnep secara partial dan simultan serta variable mana yang paling besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden yang menjawab kuesioner sebanyak 406 orang. Analisa data dilakukan dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Multikolinieritas, Uji t dan Uji F, regresi linier berganda. Hasil dari penelitian adalah terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media sosial dan persepsi sivitas akademika terhadap kualitas pelayanan Humas Polnep secara partial dan simultan sebesar 52,3 % serta variable persepsi sivitas yang paling besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan humas Polnep.  Luaran target penelitian ini adalah jurnal terakreditasi pengembangan atau pengayaan  bahan ajar dalam mata kuliah yang berhubungan dengan public relations(Humas), Kehumasan dan protokoler dan Pelayanan Prima.

References

Ardianto, Elvinaro. 2019. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto,Elvinaro. 2018. Handbook of Public Relations. Simbiosa Rekatama Media.

Gunawan, Imam, 2015. Metode Penelitian Kuantitaif Teori dan Praktik Cetakan Ketiga. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Habibillah SI, Utomo IW, Emeilia RI. 2023. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Informasi Humas Asosiasi Museum Indonesia DKI Jakarta Paramita Jaya. Jurnal Public Relations-JPR. 4(2): 43-49

Herzi RM, Rizal E, Lusiana E. 2023. Peran Media Sosial bagi Humas Pemerintah. Jurnal Komunikasi. 14(1): 92-101

Hairunnisa. 2018. Pengantar Humas. Indomedia Pustaka.

Heriyanto, H., Oktavianda, M., & Suprihartini, L. (2022). Complaint Management System Analysis: Online Community Aspiration And Complaint Services. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 11(2), 224-236.

Jones, R. (2009). Social Media Marketing 101, Part 1. Search Engine Watch, 16. - References - Scientific Research Publishing (scirp.org) (Diakses 14 April 2024)

Nasrullah, R. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media

Novandy,Riwan, 2009, Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Bidang Administrasi Kemasyarakatan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Simangulun. Univ.Sumatera Utara

Pienrasmi H. 2015. Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi. 9(2) : 199 - 210

Rahmanto,dkk. 2015. Pengaruh Persepsi Tentang Public Realtions Sebagai Profesi Perempuan Terhadap Minat Mahasiswa memilih Konsentrasi Public Relations. UMS Library

Riyanto AD. 2022. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/. Diakses 13 April 2024

Ratminto & Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar

Sujanto, Raditia. 2021. Public Relations di Era 4.0. Teori, Konsep dan Praktik Kasus Terkini. Pustaka Baru Press.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung.Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Miexed Methods). Bandung. Alfabeta

Satira AU, Hidriani R. 2021. Peran Penting Public Relations di Era Digital. Jurnal Sadida. 1(1): 179-202

Syahputra E. 2017. Peran Public Relations dalam Menginformasikan Jasa Pelayanan PT.Pos Indonesia (Persero) Kediri. Jurnal Aplikasi Administrasi. 20(1): 1-8

Sujarweni W. 2022. Metodologi Penelitian.Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2007. Service, Quality & Satisfaction Edisi 2, Yogyakarta. ANDI

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang- Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Downloads

Published

2025-02-07

Issue

Section

Articles