MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DAN KETERLIBATAN PELANGGAN MELALUI PERSONAL BRANDING PERIKLANAN MEDIA SOSIAL

Authors

  • Tsalasa An Nisaa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

UMKM, Personal Branding, Periklanan

Abstract

Periklanan media sosial bagi UMKM dapat meningkatkan visibilitas merek, keterlibatan pelanggan, dan pertumbuhan penjualan. Pendekatan  untuk menguatkan  merek adalah melalui personal branding tokoh berpengaruh, untuk membangun citra positif dari sebuah merek. Penelitian ini bertujuan menunjukkan periklanan media sosial menggunakan dukungan  personal branding dapat menciptakan citra dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif  kualitatif. Objek penelitian terdiri Rimbang Rayya food content enthusiast, Kedai Seblak Juara, dan followers. Validitas menggunakan teknik triangulasi,  melibatkan perbandingan data wawancara, analisis konten. Hasil temuan, Periklanan media sosial menggunakan dukungan  personal branding Rimbang Rayya teori The Eight Laws of Personal Branding mampu mempromosikan produk, menciptakan citra dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, meningkatkan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari dukungan Rimbang Rayya terhadap Seblak Juara melalui: 1) pendekatan humor, 2) memotivasi audiens untuk berpartisipasi dalam kompetisi konten dan penghargaan terhadap  makanan lokal, 3) gaya komunikasi  santai, hangat, ramah, 4) penyampaikan informasi yang detail, 5) penyampaian konten di platform Instagram dan TikTok, 6) sikap konsisten dalam konten dan gaya komunikasi, 7) ketekunan dalam mengembangkan metode template,  8) membangun goodwill melalui konten yang menarik.

References

Acikgoz, F., & Burnaz, S. (2021). The influence of’influencer marketing'on YouTube influencers. International Journal of Internet …. https://doi.org/10.1504/IJIMA.2021.114331

Addimando, F. (2024). Effective Communication Strategies. Trade Show Psychology. https://doi.org/10.1007/978-3-031-53606-9_4

Bialobrzeska, O. (2024). Niceness scale: development and validation of self-reported behavioral niceness measure. Personality and Individual Differences.

CAROLINE, M. M. (2017). Influence of personal selling on brand performance of retail shoe companies in Nairobi Central business district. ir.jkuat.ac.ke.

Hidayat, R., Anandita, S. R., & ... (2023). Sosialisasi Pengembangan Personal Branding UMKM Desa Murukan Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jumat Ekonomi ….

Jusuf, D. I. (2024). Integrated Marketing: A Powerful Strategy for Increasing Brand Awareness. Best Journal of Administration and Management.

Kromalcas, S., Kraujalienė, L., & ... (2024). The influence of personal brand communication on consumers. Business: Theory and ….

Maldynova, A. V, Davletova, M. T., & ... (2024). The effectiveness of personal branding in forming a company image. In Bulletin of“ Turan” …. researchgate.net.

Marenza, A. F., Yanto, Y., & Dianti, M. H. (2024). Personal Branding“ Gemoy” Prabowo (Case Study On The Tiktok Account@ Partai Gerindra). Jurnal Multidisiplin Dehasen ….

Of, U., Digital, M., Strategies, M., Instagram, O. N., & Qualitative, D. (2024). (Jurnal Komunikasi Dan Pengabdian Masyarakat). 2(1), 113–119.

Omeish, F., Sharabati, A. A., Abuhashesh, M., Al-haddad, S., & Yacoub, A. (2024). International Journal of Data and Network Science The role of social media influencers in shaping destination image and intention to visit Jordan : The moderating impact of social media usage intensity. 8, 1701–1714. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2024.2.017

Ortiz, S. L. (2024). Personal branding, redes sociales e influencers. In Arxius de Ciències Socials.

Putra, D. S., & Yulianti, F. (2020). Attracting Customers Interest through Celebrity Endorses for Marketplace Menarik Minat Pelanggan melalui Dukungan Selebriti bagi Pasar. Dinamika Managemen, 11(85), 84–92. https://doi.org/10.15294/jdm.v11i1.22784

Rachman, F. A., & Wiwitan, T. (n.d.). Personal Branding Model Indonesia Next Top Model ( INTM ) melalui Instagram. 702–709.

Rahman, D., & Kurniawati, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran Umkm (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kabupaten Sumenep). Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran ….

Sciences, E. (2024). ة يغصلا تاسسؤملا لخاد راكتبلاا زيزعت ف ر ي ةدايقلا رود ةفلتخملا ةدايقلا بيلاسأ يثأت ر ةيفيك لوح ةسارد : ةطسوتملاو ةطسوتملاو ة يغصلا تاسسؤملا ف ر ي راكتبلاا تلادعم لىع ي ه يع وبأ ءامسأ. 3, 710–748.

Wright, A. J., Zhang, L., Howes, E., Veall, C., & ... (2023). Specifying how intervention content is communicated: development of a style of delivery ontology [version 1; peer review: 1 approved]. Wellcome Open ….

Yuliani, R., & Dida, S. (2018). Personal Branding Selebritas dan Bisnis Online Shop. Mediator: Jurnal Komunikasi.

Yulianti, A., Zaelani, P. I., Munastha, K. A., Lestari, N., & ... (2024). UTILIZATION OF MSME DIGITAL MARKETING STRATEGIES ON INSTAGRAM DESCRIPTIVE QUALITATIVE ANALYSIS@ DENISA_SPREI. TOPLAMA.

Downloads

Published

2025-02-07

Issue

Section

Articles