STRATEGI MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENDUKUNG KEBERLANJUTAN USAHA KULINER KAKI LIMA
Keywords:
Manajemen Keuangan; Kuliner Kaki Lima, Keberlanjutan UsahaAbstract
Usaha kuliner kaki lima memainkan peran penting dalam perekonomian lokal, terutama di kalangan UMKM. Namun, banyak pedagang yang menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan, seperti rendahnya literasi keuangan, keterbatasan modal, dan penggunaan teknologi yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen keuangan yang dapat mendukung keberlanjutan usaha kuliner kaki lima di Bawen, Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan adalah survei dengan 50 responden pedagang kaki lima, dilengkapi dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% pedagang memiliki literasi keuangan sedang, 40% rendah, dan 10% tinggi. Selain itu, 30% pedagang belum memanfaatkan teknologi digital secara optimal, dan 54% mengelola modal usaha dengan cukup efisien. Penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan literasi keuangan, penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan keuangan dan promosi, serta efisiensi dalam pengelolaan modal usaha untuk meningkatkan keberlanjutan usaha. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pedagang kuliner kaki lima memperoleh pelatihan manajemen keuangan, pendampingan digitalisasi usaha, serta penyuluhan mengenai pengelolaan modal yang efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan sektor kuliner kaki lima dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha mereka.
References
Amin, S., Fitriaty, F., Widiastuti, F., & Khalid, I. (2020). Membangkitkan Perilaku Inovatif Pedagang Kuliner Kaki Lima Kawasan Thehok-Kotamadya Jambi. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.716
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2023). Ekosistem Bisnis Dan Transformasi Digital. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019
Fitria, I., Soejono, F., & Tyra, M. J. (2021). Literasi keuangan, sikap keuangan dan perilaku keuangan dan kinerja UMKM. Business and Banking, 11(1), 1–15.
Gunawan, B., & Fatmawati, I. (2018). Pkm Pedagang Kuliner Kaki Lima. Sniemas Uad, 7(2), 54–69.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif.
Harsono, I., Armin, R., Fathullah Nugroho, A., Kurniawan, D., Khaldun Bogor, I., Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, S., & Tinggi Ilmu Ekonomi YAPIS Dompu Nusa Tenggara Barat, S. (2024). Analisis Literasi Ekonomi dan Modal Usaha terhadap Keputusan Berwirausaha Pedagang Kaki Lima. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6211–6218. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13347/10256
Kuntariningsih, A., & Saptiany, S. G. (2023). Optimizing Riverbank Land Utilization: Development of Street Vendor Businesses (Angkringan) Through Social Initiatives And Entrepreneurship Training. 6. https://doi.org/10.61132/ardhi.v1i6.123
Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.
Nitami, F., & Astawimetu, E. D. (2024). Pengaruh Modal Kerja dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Nasi Boran di Lamongan. Bisnis Manajemen, 2(1), 119–130.
Prajuritno, I., & Achmad, N. (2024). INOVASI BERKELANJUTAN PADA BISNIS RUMAH MAKAN RODA DIM-SUM DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN DAN MENGHADAPI PERSAINGAN KETAT Imam Prajuritno; Nur Achmad.
Solikha, A. M., Amin, M., & Nandiroh, U. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Modal Usaha, Kreativitas, dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 12(02), 370–381.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alex Five Putrael Waruwu , Renny Aprilliyani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.