PENGARUH KUALITAS MAKANAN, KUALITAS LAYANAN, DAN ATMOSFER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI GERAI MIXUE WILAYAH TANGERANG

Authors

  • Theresia Chandra Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Fakultas Hospitality dan Pariwisata
  • Hanshen Hanshen Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Fakultas Hospitality dan Pariwisata
  • Stephanie T. Mulyono Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Fakultas Hospitality dan Pariwisata
  • Yustisia Kristiana Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Fakultas Hospitality dan Pariwisata

Keywords:

Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Atmosfer, Kepuasan Pelanggan, Makanan dan Minuman

Abstract

Kepuasan pelanggan sangat penting karena pelanggan yang puas cenderung lebih setia, merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, dan lebih mungkin untuk melakukan pembelian ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan, dan atmosfer terhadap kepuasan pelanggan Gerai Mixue Tangerang. Dalam industri makanan dan minuman yang kompetitif, kepuasan pelanggan merupakan aspek penting untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kualitas makanan sendiri mencakup rasa, kesegaran, dan penyajian produk. Kualitas layanan dapat mencakup kecepatan, keramahan, dan responsivitas staf dalam melayani pelanggan. Sedangkan, atmosfer mencakup kenyamanan, kebersihan, dan desain tempat yang menarik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan menyebarkan kuesioner terhadap pelanggan Mixue, dan analisis kuantitatif dilakukan untuk memahami kontribusi setiap elemen terhadap kepuasan pelanggan. Kuesioner yang telah dibagikan telah diisi oleh 169 responden. Temuan menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut yaitu kualitas makanan, kualitas layanan, dan atmosfer berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan adanya kualitas makanan yang konsisten, pelayanan yang baik, dan atmosfer yang nyaman juga bersih dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas pelanggan. Daya tahan kemasan meningkatkan pengalaman konsumen dan memperkuat persepsi terhadap kualitas dan keandalan produk.

References

Akbar, A., & Wadud, M. (2024). Pengaruh Kecepatan Dan Keandalan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kinerja Karyawan Dalam Menggunakan Jasa Keagenan Pada PT Bukit Prima Bahari. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 5138–5154. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4974

Ghozali, Iman, and Hengky Latan. 2020. Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Edisi 2. Semarang: Badan penerbit- Undip.

Hair, J. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research. Volume 109, March 2020, Pages 101-110.

Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C.M. (2019) When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM. European Business Review, 31, 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Homburg, C., & Stock, R. M. (2013). The Link between Customer Satisfaction and Loyalty: A Comprehensive Review. Journal of the Academy of Marketing Science, 41(6), 607-625.

Jiang, Y., Zhang, L., & Li, F. (2023). The Role of Store Atmosphere in Shaping Consumer Behavior: Insights from Physical and Digital Spaces. Journal of Digital Commerce and Retail Innovation, 5(1), 48-62.

Kim, H., & Lee, S. (2020). Shifts in Consumer Preferences Towards Healthier Fast Food Options: A Review of Trends in Plant-Based and Low-Calorie Menus. International Journal of Consumer Studies, 44(2), 302-314.

Kim, J., & Moon, K. (2022). Store Environment, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty: An Integrated Model. International Journal of Consumer Studies, 46(1), 35-50.

Kotler, & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (Edisi 13). Erlangga.

Kurniawan, E. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan Pada Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Korea ‘Myoung Ga’ Di Surabaya Dengan Peran Moderasi Atmosfer. Calyptra: jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 4(2).

Kurniawan, Wahyu. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pemesanan Menu

Kurniawan. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. . http://repository.stei.ac.id/3350/2/Jurnal%20Bahasa%20Indonesia%20kurniawan.pdf

Li, Q., Zhang, Y., & Wang, L. (2019). Product Innovation as a Survival Strategy in the Competitive Food and Beverage Market. Journal of Business Innovation, 15(5), 45-58.

Oliver, R. L. (2021). Satisfaction: a Behavioural Perspective on the Consumer. 2nd ed. M.E. Sharpe, Inc. New York.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. Servqual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Dalam

Pitriawati, A. (2022). Komponen Kualitas Makanan: Perspektif Keamanan dan Estetika. Jakarta: Penerbit Kuliner Nusantara.

Rorong, P. M., Tumbel, R. J., & Worang, F. G. (2023). Pengaruh Desain dan Kenyamanan Fisik Ruang terhadap Kesan Pelanggan di Kafe. Jurnal Pariwisata dan Bisnis, 12(3), 210-223.

Saputra, S., & Cinthya, L. (2024). Analysis of the Impact of Product Quality and Service Quality on Customer Loyalty mediated by Customer Satisfaction on Bubble Tea Drink Brands in Batam. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(1), 24–44. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i2.3821

Smith, P., & Jones, M. (2021). Globalization and Its Impact on the Fast Food Industry: Cultural Adaptations and Standardization. Global Business and Culture Review, 12(3), 157-172.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunyoto, D. (2018). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen).

Tian, M., Wang, X., & Chen, H. (2021). Store Atmosphere and Impulse Buying: A Study on Retail Behavior. Journal of Retail Marketing, 18(2), 75-89.

Tjiptono, Fandy. 2019. "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, C. W. (2021). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Wang, W., Zhou, X and Liu, Y. (2020). Characterization and evaluation of umami taste: A review. TrAC - Trends in Analytical Chemistry, 127, 115876. https://doi.org/10.1016/j.trac.2020.11586

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education

Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (2018). Servqual: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of Retaling, vol. 64 No, 1, pp. 12

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles