PENGARUH LOKASI DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO ABU FARUQ SAMPIT

Authors

  • Eko Cahyo Purnomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

Keywords:

Lokasi, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Lokasi dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Abu Faruq Sampit". Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, di mana pemilihan anggota sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Baju Muslim di Toko Abu Faruq Sampit. Sebanyak 84 responden diambil sebagai sampel, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi, serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Koefisien Korelasi (r) sebesar 0,729, yang mengindikasikan adanya hubungan positif yang kuat antara Lokasi (X1) dan Kelengkapan Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) di Toko Abu Faruq Sampit. Berdasarkan hasil Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,532, diketahui bahwa variabel independen, yaitu Lokasi (X1) dan Kelengkapan Produk (X2), memberikan pengaruh sebesar 53,2% terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian), sementara sisanya 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini, seperti kualitas produk, fasilitas, harga, dan sebagainya. Uji-t (parsial) menunjukkan bahwa variabel Lokasi (X1) memiliki nilai thitung > ttabel (3,778 > 1,98969) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan variabel Kelengkapan Produk (X2) juga memiliki nilai thitung > ttabel (4,637 > 1,98969) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti kedua variabel tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu, uji-F (simultan) menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu Lokasi (X1) dan Kelengkapan Produk (X2), secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dengan fhitung > ftabel (46,020 > 3,11) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang membuktikan adanya pengaruh simultan antara Lokasi dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian.

References

Asi, Y. S., Assagaf, A., & Indrasari, M. (2024). The Determinans Of Purchase Decision Through Customer Satisfaction Moderated By Social Media Marketing On Traditional Product Of Micro Small And Medium Entereprises (Msmes) Of Central Kalimantan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 1-to.

Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review, 8(7), e02634-e02634.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi

Kolter, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT .Prehalindo

Kolter, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran jakarta : Erlangga,

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Pramesworo, I. S. (2024). Analysis Of The Interaction Between Marketing Communication Strategies And Economic Factors In Consumer Decision Making: Integrating Microeconomic Perspective And Communication Theory. International Journal of Artificial Intelligence Research, 8(1.1).

Heizer, Jay dan Barry Render. (2015), Operations Manajemen (Manajemen Operasi), ed. 11, Penerjemah: Dwi Anoegrah wati S dan Indra Almahdy, Salemba empat Jakarta.

Kolter,K.(2009), Manajemen Pemasaran 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Erlangga Manullang, 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Kolter, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Churchill, Gilbert A, 2013, Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Jakarta, Penerbit: Erlangga

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Alreza Anan Hafidzi :2013. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Alfamart Jurnal EMBA Vol.1 ISSN 2301- 1174

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga

Schiffman, Leon, dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks

Kolter, Philip and Keller, Kevin Lane (2013), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Erlangga

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles