ELECTRONIC WORD OF MOUTH, STRATEGI PROMOSI SERTA PERAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN PADA WISATA BAHARI DI DESA TEMAJUK
Keywords:
Electronic Word of Mouth, Strategi Promosi,, Kelompok Sadar Wisata, Tingkat Kunjungan Wisata, Wisata BahariAbstract
Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Desa Temajuk, Kecamatan paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Dari data Kunjungan wisatawan kedesa Temajuk, memperlihatkan angka yang masih berfluktuasi tetapi cenderung ada peningkatan setiap tahunnya. Namun data tersebut tidak diikuti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asing kedesa Temajuk tersebut. Seharus nya dengan posisi strategis Desa Temajuk yang berada di pesisir dan berbatasan langsung dengan Malaysia menjadi potensi dan daya tarik tersendiri, menjadikan potensi luar biasa dalam hal Penerimaan Asli Daerah (PAD) juga peningkatan kemampuan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Desa Temajuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Variabel Electronic Word of mouth, Strategi Promosi Promotion Mix terhadap pengembangan pariwisata didesa Temajuk, apakah yang telah dilakukan memiliki efek pengaruh yang cukup signifikan atau mugkin memiliki faktor penghambat dalam peningkatan serta perkembangan wisata Bahari tersebut. Selain itu untuk melihat bagaimana peran kelompok penggiat pariwisata seperti Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dalam berkembangnya Periwisata didesa Temajuk. Dari hasil penelitian didapat variabel Electronic Word of Mouth dan Kelompok Sadar Wisata secara parsial dan positif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk sedangkan variabel Strategi Promosi secara parsial dan negatif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk. Ketiga variabel penelitian yang digunakan secara simultan dan bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Desa Temajuk.
References
Asmarani, M., Suni, B., & Nugrahaningsih, N. (2013). Kerjasama Sosial dan Ekonomi Malaysia-Indonesia (Sosekmalindo)(Studi Kasus Pengembangan Kawasan Pariwisata di Kabupaten Sambas)., 1. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura
Alfarisi, M. A., & Heriyanto, H. (2023). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekowisata Di Perbatasan Kalimantan Barat–Malaysia. Jurnal Administrasi Negara, 1(4), 259-269
Azhar, S., et al. “The Impact of Electronic Word-of-Mouth on Tourists’ Decision-Making Process: A Review.” Journal of Tourism Research
Bataineh, Abdallah Q, The Impact of Perceived e-WOM on Purchase Intention: The Mediating Role of Corporate Image 2015, International Journal of Marketing Studies 7(1)
BPS Kalbar 2024, perkembangan Jumlah Kunjungan Wisman 2018-2023
Bahan paparan Kadis Pembangunan Pariwisata Sambas, 2024
Effendy, U. Onong. (Print) Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Ramadja Karya, 2006
Goldsmith, R. E., & Horowitz, D. (2006). Measuring Motivations for Online Opinion Seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14. https://doi.org/10.1080/15252019.2006.1 0722114
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Contexts. Canadian Journal of Administrative Sciences (Print)
Heriyanto, H. (2022). Pilkada Dimasa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Administrasi Publik. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 384-391).
Heriyanto, H., Alfarisi, M. A., & Oktavianda, M. (2022). The Efforts of the Natural Resources Conservation Agency in Attracting Tourists in Kapuas Hulu Regency. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 2120-2126.
Heriyanto, H., Siallagan, D. Y., & Sulaiman, S. (2020). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Teluk Berdiri sebagai Objek Ekowisata di Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 2(2), 8-16.
Heriyanto, H., Lubis, L. N., & Siallagan, D. Y. (2020). Pengaruh Struktur Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt Medco E Dan P Indonesia Sumatera Selatan. Eksos, 16(2), 133-143.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Hurriyati, Ratih. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Jiwandono D, Kusumawati A, Sunarti, 2020. PENGARUH eWOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG WISATAWAN MELALUI ATTITUDE, SUBJECTIVE NORMS, DAN PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL, Profit: Jurnal Administrasi Bisnis| Special Issue (Ekosistem Start Up) 2020| https://profit.ub.ac.id
Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2018
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education Limited
Kompasdata, 2023
https://data.kompas.id/data-detail/kompas_statistic/6526ddb300d5cb13138caf24
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29(3), 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.0 5.011
Jaya, M., & Rinaldi, H. (2021). Efektivitas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Publik Di Kota Pontianak. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(3), 396-412.
Murphy, P.E. (1990). Tourism: A Community Approach
Ri’aeni. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rohyani, I. S., Nursalim, I., & Arminy, N. S. (2019). Pegembangan Potensi Wisata Melalui Optimalisasi Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Arjangka. Abdi Insani, 6(3), 332–339. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.254
Sari, D., Yulianti, L., & Kusumawati, A.D. (2017). The Influence of Electronic Word-of-Mouth on Consumer Purchase Intention Through Trust as Mediation Variable in Instagram Social Commerce. Journal of Business and Management
Sudi, D. M., & Jusman, I. A. (2023). Performance Optimisation through Education and Knowledge Management Synergy: An Innovative Business Organisation Strategy. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(3), 215-221.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke 14. Bandung: CV. Alfabeta, Suhartini Karim, 2007
Pitta, D. A., & Fowler, D. (2005). Online consumer communities and their value to new product developers. Journal of Product & Brand Management, 14(5), 283–291. https://doi.org/10.1108/10610420510616 313
Renstra Dit.Pemberdayaan Masyarakat,2010
Wijaya, S. A., Zulkarnain, & Sopingi. (2016). Proses Belajar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis ) Dalam Pengembangan Kampoeng Ekowisata. Jurnal Pendidikan Nonformal, XI(2), 88–96.
websidepulaumaringkik, Lombok, NTT)
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE2MCMy/jumlah-devisa-sektor-pariwisata.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lia Suprihartini , Meizi Fahrizal , Dedi Herdiansyah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.