“PENGARUH KEPUASAN WISATAWAN PADA LOYALITAS WISATAWAN DALAM MEMILIH WISATA ALAM TEMAJUK SEBAGAI OBYEK WISATA ALAM DI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Utin Nina Hermina Politeknik Negeri Pontianak
  • Liliyana Liliyana Politeknik Negeri Pontianak
  • Anggita Anggita Politeknik Negeri Pontianak

Keywords:

Kepuasan wisatawani, Loyalitas Wisatawan, Wisata alam, Obyek wisata,

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi wisata alam Temajuk yang berada didaerah perbatasan Kalimantan dan  Negara Sarawak, Malaysia. Memiliki wisata alam dan wisata bahari dan daerah konservatif perlindungan satwa Penyu. Selain kaya akan potensi komoditi perikanan dan perkebunan, Desa temajuk juga kaya akan potensi pariwisata. Namun tempat wisata alam ini, belum menjadi pilihan utama wisatawan yang berkunjung ataupun berkunjung ulang. Fasilitas tempat wisata ini cukup menarik, walaupun sarana menuju ke lokasi kurang memadai. Peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh kepuasan wisatawan pada loyalitas wisatawan dalam memilih  wisata alam Temajuk sebagai obyek wisata alam di Kalimantan Barat . 

Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis statistic IBM SPSS dan dengan jenis data primer dan sekunder serta melakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data dari responden selama bulan juni dan juli. Populasi dari penelitian inilah adalah pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata Temajok di Kabupaten Sambas. Yang berkunjung ke tempat wisata Temajuk dari bulan Juni sampai bulan Juli 2024, jumalah populasi yang berkunjung selama bulan juni – juli tersebut berjumlah 105 orang, namun peneliti membatasi dari jumlah populasi tersebut dengan mengambil sampel. Convenience sampling digunakan untuk memilih populasi berdasarkan kemudahan dalam menemui responden. Dari 105 poupulasi tersebut yang memenuhi syarat untuk diambil sampel sejumlah 50 orang.

Pemilihan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik diambil dimana tidak semua anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sample. Pemilihan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatwan dalam memilih tempat wisata alam Temajuk sebagai obyek wisata alam di Kalimantan Barat yang ditunjukan dari hasil r Hitung> r Tabel  (0, 2826). Dari 12 pertanyaan hanya 1 pertanyaan yang tidak valid yaitu pertanyaan no 4, (Saya tidak ingin mengajak teman/saudara/relasi mengunjungi tempat wisata ini),  sedangkan hasil pertanyaan yang lain valid. Dan menunjukan kepuasan wisatawan yang berkunjung maka mereka akan loyal dengan tempat wisata tersebut

Luaran  dari penelitian akan menghasilkan suatu model dalam kajian yang dapat menjadikan referensi pemda khususnya dinas Dispora Kab Sambas dalam membuat kebijakan pengelolaan tempat wisata dan juga memberikan masukan terhadap pihak pengelola untuk meningkatkan jumlah pengunjung wisata pada taman wisata tersebut, dan menjadikan wisata alam Temajuk sebagai pilihan obyek wisata alam di Kalimantan Barat.

References

Acuto, M. (2022, September 13). Cities are gaining power in global politics – can the UN keep up?. The Conversation. https://theconversation.com/cities-are- gaining-power-in-global-politics-can- the-un-keep-up-83668

Alfarisi, M. A., & Heriyanto, H. (2023). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Ekowisata Di Perbatasan Kalimantan Barat–Malaysia. Jurnal Administrasi Negara, 1(4), 259-269.

Hasan, Ali. (2015). Tourism Marketing. Cetakan pertama, Yogyakarta, CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Heriyanto, H., Siallagan, D. Y., & Sulaiman, S. (2020). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Teluk Berdiri sebagai Objek Ekowisata di Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 2(2), 8-16.

Heriyanto, H., Alfarisi, M. A., & Oktavianda, M. (2022). The Efforts of the Natural Resources Conservation Agency in Attracting Tourists in Kapuas Hulu Regency. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 2120-2126.

IBOJO, Bolanle Odunlami, (2015), Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study of a Reputable Bank in Oyo, Oyo State, Nigeria. Proceedings of the International Academic Research Conference on Marketing & Tourism (MTC16Paris Conference) ISBN: 978-1-943579-40-2 Paris, France. 1-3 July, 2016. Paper ID: PM611 : 1 www.globalbizresearch.org

Lovelock, Christopher H., Wirtz, Jochen, Mussry, Jacky, (2011), Pemasaran Jasa, Manusia, Teknologi, Strategi Persfektif Indonesia, Jilid 2, Edisi ke 7, Erlangga, Jakarta

Nunuk Dwi Garwanti Endang Palupi, (2017), ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PRODUK WISATA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Kasus pada Wisatawan DIY : JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483

Purwanto, Edi. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Cetakan pertama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metodel Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (15 ed.). Bandung: Alfabeta

Utama, Rai. (2017). Pemasaran pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

guyen Hue Minh, Nguyen Thu Ha, Phan Chi Anh & Yoshiki Matsui, (2015), Service Quali

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles