TRADISI TEKA RA NE’E SEBAGAI PERWUJUDAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PERKAWINAN SUKU MBOJO DI DESA SONDOSIA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA
Keywords:
Mangan Klor, Tradisi, NilaiAbstract
Teka Ra Ne’e merupakan salah satu tradisi yang ada di Kabupaten Bima dimana tradisi Teka Ra Ne’e ini merupakan tradisi yang sudah lama ada dan menjadi hal wajib khususnya Desa sondosia untuk terus menjaga satu warisan yang sangat berbudi luhur ini, Teka Ra Ne’e punya hal yang lebih penting selain membawa beras dan uang tadi hanya simbol sederhana dari teka ra ne’e ini. Tujuan diadakanya penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan dan nilai-nilai peduli sosial yang terkandung dalan tardisi teka ra ne’e dalam perkawinan suku Mbojo di desa Sondosia kecamatan bolo kabupaten bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi Teka ra ne’e memiliki 3 tahapan acara yaitu acara persiapan, pelaksanaan dan yang terakhir acara penutup. Selain itu dalam tradisi teka ra ne’e memiliki beberapa nilai yang terkandung didalamnya. Nilai tersebut antara lain: nilai kekeluargaan, nilai peduli sosial, nilai silaturahmi, nilai domokrasi, nilai kerja sama, nilai solidaritas.
References
Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentela Pendidikan Dasar.
Agus, W. (2012). Pendidikan Karakter Srategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka pelajar.
Ary Kristiyani. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PG-TPA Alam Khuswarun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3 Oktober 2014.Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Pandangsidimpuan. Jurnal Pendidikan MI.
Asriana, Harahap. (2018). Implementasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Pandangsidimpuan. Jurnal Pendidikan MI
Atrisnawati, A., & Ibrahim,I. (2023). Pelaksanaan Tradisi Teka Ra Ne’e dalam proses pernikahan adat pada masyarakay Desa Kore Kec. Sanggar Kabupaten Bima. In Seminar Nasional LPPM UMMAT
Barnawi dan Arifin, M. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Hasan, H. (2020). Tradisi Kaboro Coi di Desa Sakuru Monta, Bima. Analisis Hukum Islam. Mazahibuna. Jurnal Perbandingan Mazhab.
Hasan, Zaini. (2016). Perspektif Al-Qur'an tentang Pendidikan Karakter.
Istifany, P. (2018). Penananman Nilai-nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 84-94.
Juniarsih, N. (2018). Metode Sosial Sebagai Strategi Bertahan Hidup di Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, povinsi Nusa tenggara Barat. Jurnal Analisa Sosiologi
Kaelan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Karmila M. (2017). Urgensi Pembentukan Karakter Peduli Sosial Sejak Usia Dini.
Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Kemdikbud
Kurniawansyah, Edy., Ramlah,R., Haslan,M.M., & Sumardi, L. (2023). Nilai-Nilai religious dalam Tradisi Peta Kapanca(Studi di Masyarakat suku Mbojo di Desa Borocamatan sanggar Kabupaten Bima) mataram Jurnal Ilmiah Mandala Education.
Kurniawansyah, Edy., Alqadri, B., & Fauzan, A. (2021). Habituasi Nilai-Nilai Karakter Sebagai perilaku Anti Korupsi pada Masyarakat kajang. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1)
Kusumastuti, A. & Khoirin, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Lailatul, M., Ellin Sugeng D., Rezka Arina R. (2019). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athaf Al 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal.
Madina, L. (2023). Nilai-Nilai Sosial Pada Tradisi Mawarung di Kalimantan Selatan.
Marlina, M., Ismail, M., Fauzan, A., & Mustari, M. (2024). Penguatan Nilai Karakter Kedisiplinan dan Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMAN 4 KOTA BIMA. Pendas Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Murni, Y. (2020). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Pendidkan Karakter Religus Pada Era Digital. Jurnal Konseling dan Pendidikan.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter : Refleksi Untuk Nilai Pendidikan (Edisi 1). Rajawali pers.
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Nuruddin, A. (2004). Hukum Perdata Islam di Indonesia: studi kritis perkembangan hukum islam dari fikih, UU no. 1/1974, sampai KHI.kencana.
Nurnazmi, N. (2021). Budaya Teka Ra Ne’e dalam Acara Pernikahan di Kecamatan Parado Kabupaten Bima (Analisis Pesan Dakwah)(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negri Alauddin makasar).
Nurnazmi, N., Tike, A., hamiruddin. (2022). Pesan Dakwah Pada Budaya Teka Ra Ne’e Dalam Acara pernikahan di Kecamatan Parado kabupaten Bima. Jurnal mercusuar.
Sidiq, U. & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dita Faradillah , Mohamad Mustari , Edy Kurniawansyah , Lalu Sumardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.