PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENCIPTAKAN SUASANA NYAMAN DAN AMAN DI PLANET HOLIDAY HOTEL & RESIDENCE BATAM
Keywords:
Hotel, Housekeeping, PariwisataAbstract
Industri pariwisata tidak hanya mencakup destinasi wisata tetapi juga hotel, seperti pengelolaan hotel dan pengelolaan pariwisata. Hotel adalah suatu usaha penginapan yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman, serta jasa penunjang lainnya, baik sebagian maupun seluruhnya, kepada masyarakat umum dan dioperasikan secara komersial. Housekeeping tidak hanya menjaga kebersihan dan ketertiban, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan yang mendukung kenyamanan dan keselamatan para tamu. housekeeping atau tata graha merupakan aspek penting dalam banyak bidang, khususnya dalam industri perhotelan. Tujuan dari penelitian ini memberikan hasil analisis terkait dengan peran housekeeping dalam menciptakan suasana nyaman dan aman di Planet Holiday Hotel & Residence Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil yang diperoleh, bahwa housekeeping memiliki peran yang sangat vital dalam menciptakan suasana nyaman dan aman di hotel, beberapa aspek penting dari peran housekeeping diantaranya pada aspek kebersihan dan ketertiban, keselamatan dan keamanan, serta pemberian layanan yang ramah dan professional. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di Planet Holiday Hotel & Residence Batam sudah memberikan suatu pelayanan yang sangat baik terhadap para tamu. Selain itu, ditinjau dari hotel sendiri juga menyediakan layanan training housekeeping untuk meningkatkan keterampilan dari para pegawai di Planet Holiday Hotel & Residence Batam
References
F. Kurniawan, “Potensi wisata kuliner dalam pengembangan pariwisata di Yogyakarta,” Universitas Negeri Semarang, 2020.
Lapotulo, N & Firda Rachma Amalia (2024). Sustainable Tourism Post-Pandemic: Strategies for Reviving Local Economies Through Eco-Friendly Practices. DOI:10.59613/pfyc3y34
L. M. Andhalia and E. W. Rintis, “Analisis Faktor Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Tingkat Penginapan Hotel Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sub Sektor Pariwisata pada Industri Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2007-2018,” J. Ilm. Pariwisata, vol. 25, no. 3, pp. 157–165, 2020, [Online]. Available: https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1413.
Lapotulo, N., Afriani, M., & Kawakibi Pristiwasa, I. W. T. (2024). Literature Study of Tourism Village Development Regulation Based on Local Wisdom Aspects of The Community in Kelong Village, Bintan Coast District, Indonesia. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 4(04), 64-72. Retrieved from https://www.ajmesc.com/index.php/ajmesc/article/view/1049
S. Ramayanti, “Persepsi Konsumen Terhadap Pengelolaan Hotel Latansa Kota Bengkulu,” Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2017.
E. Soewarno, A. Hudiyani, F. Fitriana Sugiarti, P. Manajemen, and F. Ekonomi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Abadi Di Pangkalan Bun,” Magenta, vol. 9, no. 2, pp. 93–100, 2021.
D. Simatupang and Mulyadi, “Pelaksanaan Pembersihan Kamar Tamu Oleh Pramugraha Di Hotel Naripan Bandung,” J. Mekar, vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2022, doi: 10.59193/jmr.v1i1.21.
I. G. A. T. Yanti, “Pembuatan Tasmanian Salmon With White Wine Sauce oleh Commis di Main Kitchen Discovery Kartika Plaza Hotel Bali,” Politeknik Negeri Bali, 2022.
R. Astiana and B. Murdomo, “Peranan houseman dalam penataan dan pembersihan area umum di asmila boutique hotel,” J. Ris. Manaj. …, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/181%0Ahttps://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/download/181/180.
E. C. Hudayana, “Evaluasi Kebijakan Tentang Standar Operasional Prosedure Administrasi Pemerintahan di Lingkungan Sekretarat Daerah Kabupaten Tasikmalaya,” JAK PUBLIK (Jurnal Adm. Kebijak. …, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://administrasiku.com/index.php/jakp/article/view/50.
Sari, E.R., Lapotulo, N., Afriani, M., & Pratama, T. (2023). The Application of Room Attendant Empathy in Service at Aston Batam Hotel & Residence. Media Wisata.
Lapotulo. N, Devid Trinaldo Simatupang, Miratia Afriani, Dailami Dailami (2023), Penerapan Hygiene Dan Sanitasi Public Restroom di Beverly Hotel Batam. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.15618
Y. Diana, “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort,” J. Manaj. Tools, vol. 11, no. 2, pp. 193–205, 2019.
I. K. Suardana and N. Nurhayati, “Kinerja Waiter/Waitress Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Hotel Sahid Raya Yogyakarta),” J. Nusant. (Jurnal Ilm. Pariwisata dan Perhotelan), vol. 2, no. 2, pp. 13–19, 2019.
A. Budiono, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19,” SEGMEN J. Manaj. dan Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 223–247, 2021, doi: 10.37729/sjmb.v17i2.6868.
Sinaga, H. B. A. ., & Nensi Lapotulo. (2022). Peranan Room Attendant Dalam Menangani Hygiene Dan Sanitasi Kamar Di Os Hotel Batu Aji Batam. Jurnal Mekar, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.59193/jmr.v1i2.65
T. Waluyo, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Membangun Minat Berkunjung Kembali: Studi Pada Hotel X Kota Pekalongan,” J. Ilmu dan Budaya, vol. 41, no. 71, pp. 8463–8494, 2020, [Online]. Available: https://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/963.
Dailami, Moh. Thandzir, Haufi Sukmamedian, & Nensi Lapotulo. (2023). Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Pengunjung Di Marriott Hotel Harbour Bay Kota Batam . Jurnal Mata Pariwisata, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.59193/terapan_pariwisata_1
S. M. Humaera and R. T. M. Cipta, “Upaya Meningkatkan Kinerja Room attendant Untuk Mendukung Operasional Housekeeping Departement Di Hotel New Saphir Yogyakarta,” J. Nusant. (Jurnal Ilm. Pariwisata dan Perhotelan), vol. 4, no. 1, pp. 2597–5323, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.akparda.ac.id/.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta, 2019.
Nensi lapotulo, Devid Trinaldo Timatupang dan Okki Kurnia (2024). Manajemen Perhotelan, Anggota IKAPI. NO.265/JTE/2023. Cetakan Pertama. 15,5 cm x 23 cm. ISBN. Penerbit Arta Media Nusantara. https://artamedia.co/product/manajemen-perhotelan/
Lumbantobing, E. J., Lapotulo, N., Kurnia, O., & Simatupang, D. T. (2023). Peranan Order Taker Housekeeping Department Dalam Meningkatkan Operasional Di Holiday Inn Resort Batam. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 710-716.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Arsya Gibran , Devid Trinaldo Simatupang , Nensi Lapotulo , Okki Kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.