ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KSP. MADANI NTB

Authors

  • I Nengah Arsana Jurusan Keuangan dan Perbankan,
  • Topan Siswanto jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram Jl. Pendidikan No. 1 Mataram, Telp. (0370) 632051
  • Rosya Wardani jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram Jl. Pendidikan No. 1 Mataram, Telp. (0370) 632051
  • I Wayan Nuada Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • I Made Murjana Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram

Keywords:

Dimensi Kualitas Jasa, Kepuasan Anggota, KSP.Madani NTB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi kualitas jasa secara parsial dan simultan terhadap kepuasan anggota pada KSP. Madani NTB. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KSP. Madani NTB yang berjumlah 8.569 orang yang tersebar di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram, jumlah sampel sebanyak 210 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel dimensi kualitas jasa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada KSP. Madani NTB adalah variabel tangible, responseveness, assurance dan empathy, sedangkan variabel reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada KSP. Madani NTB. 2) Variabel dimensi kualitas jasa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota pada KSP. Madani NTB.

References

Kotler, P. and Keller, K. L., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, diterjemahkan oleh : Benyamin Molan, PT. Indeks.

Fatihudin, D., dan Firmansyah, A., 2019, Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan), Cetakan 1, DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama), Yogyakarta.

Marsono, S., dan Nawangsari, E., 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Dosen dan Karyawan AUB Pancasila Surakarta, Jurnal Ekonomi dan Perbankan, Vol 3, No.2, 2579-5597, https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank/issue/view/56

Yusuf, D., dan Raheni, C., 2019, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Koperasi Pegawai Telkom Anutapura Palu, Jurnal Sinar Manajemen, Vol 6, No.2, 94-100, https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM/article/view/853

Ginting, N., dan Barus, I., 2022, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam, Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol 10, No.2, 554-568, https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/index.

Maruli, E., Gorang, A. F., Tang, S. A., Peny, T. L. L, 2022, Pengaruh Dimensi Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Lego-Lego Kalabahi Kabupaten Alor, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 407-421, https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP.

Anam, C., Qomariah, N., Rusdiyanto, 2024, Service Quality Study on Customer Satisfaction at KSP Asri Bondowoso, Dynamic Management Journal, Vol 8, No.3, 674-691, http://jurnal.umt.ac.id/index.php/dmj.

Syuhada, N., Rizal, S., Midesia, S., 2019, Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) Cabang Aceh, JII: Jurnal Investasi Islam, Vol.IV, No.2, 181-200, http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jii

Rokhmah, S. N., dan Ningsi, B. A., 2023, Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah KSPPS Ubasyada Ciputat Dengan Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner, Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, Vol 4, No.3, 1787-1797, http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home.

Sunindyo, A., 2021, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Teller Terhadap Kepuasan Anggota Pada BMT Polidana Politeknik Negeri Semarang, Jurnal Keunis (Keuangan dan Bisnis), Vol 9, No.1, 1-12, https://jurnal.polines.ac.id/index.php/keunis.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1995, Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1995 Nomor 19.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 02/Per/M.KUKM/II/2017 tanggal 9 Februari 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah No.15/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi.

Halim, F., Kumiullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudarso, A., Purba, B., Sisca, D. L., Simarmata, H. M. P., Permadi, L. A, Novela, V., 2021, Manajemen Pemasaran Jasa, Cetakan 1, Yayasan Kita Menulis.

Tjiptono, F., 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.

Lovelock, Christopher, and Wright, L., 2002, Principles Of Service Marketing and Management, Ed.2, Prentice Hall, New Jersey.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Ed.2, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Bisnis, Ed. 3, Alfabeta, Bandung.

Wiyono, G., 2011, Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS.20, Edisi Pertama, Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN, Yogyakarta.

Ghozali, I., 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23, Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Ghozali, I., 2018, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Kuncoro, M., 2007, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Ed.3, Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) STIM YKPN, Yogyakarta.

Maulana, M. A., Nur, Y., Khair, A. U., 2023, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.Multi Media Grafika Makasar, Maloma: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol 1, No.3, 119-131, https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/issue/view/165

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles