BELAJAR BAHASA INGGRIS MENYENANGKAN DAN MANDIRI BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLEGENT UNTUK PELAJAR PEMULA

Authors

  • Alifiah Pratiwi Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • Ray Suryadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • Netty Huzniati Andas Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • Heri Alfian Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • Aqzhariady Khartha Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • Sultan Sultan Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka
  • La Ode Hasnuddin S. Sagala Universitas Sembilanbelas November Kolaka; Jl. Pemuda no.339, Kolaka

Keywords:

Automatic Speech Recognition, Artificial Intellegent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa pembelajar non Bahasa Inggris di Indonesia untuk mengurangi tingkat kecemasan mereka saat berbicara di depan orang lain. Penelitian ini membantu mengembangkan suasana yang mendorong siswa untuk berlatih berbicara secara mandiri. Penelitian ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) dimana suasana belajar mandiri dan menyenangkan dapat diperoleh dengan menggunakan Pengenalan Ucapan Otomatis atau Automatic Speech Recognition (ASR) sehingga mahasiswa dapat berlatih berbicara secara individu tanpa merasa cemas atau tertekan, karena mereka bisa berlatih secara mandiri di depan laptop atau gadget. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan ADDIE mulai dari mengalisis kebutuhan belajar mahasiswa, Analisis Produk, Desain Produk, melakukan validasi produk Pengembangan Produk, Implementasi Produk, dan Evaluasi Produk yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berlatih secara mandiri. Setelah produk diuji dan dipastikan berfungsi dengan baik, produk kemudian diimplementasikan kepada para peserta. Hasil pengujian pertama menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuannya. Aplikasi memberikan skor 7 (tujuh) berdasarkan ucapan pengguna. Peserta 1, 2, dan 3 menerima skor dan umpan balik mereka tanpa kendala sama sekali. Dalam hal ini, para peserta menggunakan produk di ruangan yang tenang, di mana hanya ucapan mereka yang dikenali oleh aplikasi. Sementara itu, pada pengujian kedua, aplikasi memberikan skor 0 (nol) berdasarkan ucapan pengguna. Peserta 4 menerima skor 0 (nol) pada aspek akurasi, sementara peserta 5 mendapatkan skor 0 (nol) pada aspek akurasi dan kelancaran (fluency). Produk tidak dapat mengenali masukan ucapan dengan benar, sehingga menghasilkan skor dan umpan balik yang tidak akurat. Selain belajar bahasa Inggris teknik berbasis suara ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, seperti membantu penyandang disabilitas, mengemudikan mobil dengan tangan, panggilan darurat, dan banyak lagi.

References

[1] Lingga LM, Simanjuntak RM, Sembiring Y. Students’ strategies in learning speaking skills at SMP Nasrani 3 Medan. Journal of Languages and Language Teaching. 2020 Jan 25;8(1):91-9. Available from: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/2238

Bailey KM, Nunan D. Practical English language teaching: speaking. New York: McGraw-Hill ESL/ELT. 2005. https://tesl-ej.org/pdf/ej40/r8.pdf

Fulcher G. Testing second language speaking. Routledge; 2014 Oct 13. https://doi.org/10.4324/9781315837376

Laksana AJ. The effectiveness of using chain story game in teaching speaking. An Experimental Research at the Eighth Grade Students of SMP Negeri. 2016;1.

Muslichatun I. Improving the students’speaking practice in describing people by using contextualized card game. Language Circle: Journal of Language and Literature. 2013;8(1):23-34. Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/LC/article/view/3226

Brown HD. Principle of language learning and teaching, New York: Person Education.

Woodrow L. Anxiety and speaking English as a second language. RELC journal. 2006 Dec;37(3):308-28. Available from:

https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0033688206071315

Losi RV, Putra E, Rosida S, Sendy B, Indriani R. Sosialisasi pemanfaatan mobile-assisted language learning (mall) sebagai media belajar digital untuk mengembangkan keterampilan berbahasa inggris remaja di desa besilam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. 2023 Aug 28;4(3):566-78. Available from: https://pubs.ressi.id/index.php/jailcb/article/view/2097

Wilson A, Sutrisno S. Efektifitas Aplikasi Cake Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Research and Development Journal of Education. 2022 Apr 1;8(1):263-70. Available from: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/12093

Mena Bonifaz CD. Cake–learn English app and the English language vocabulary (Bachelor's thesis, Universidad Técnica de Ambato-Facultad de Ciencias Humanas y de la Educación-Carrera de Idiomas). Available from: https://repositorio.uta.edu.ec/handle/123456789/31666

Wijaya T, Susanto S, Salman AG. Speech Recognition Bahasa Indonesia Untuk Android. Jakarta: Universitas Bina Nusantara. 2013. Available from: https://adoc.pub/speech-recognition-bahasa-indonesia-untuk-android.html

Bahri S. Implementasi speech recognition pada aplikasi belajar bentuk permainan menebak kata baku bahasa Indonesia. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal. 2019 Dec 30;2(2):93-8. Available from: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous/article/view/576

Junining E, Alif S, Setiarini N. Automatic speech recognition in computer-assisted language learning for individual learning in speaking. JEES (Journal of English Educators Society). 2020 Oct 13;5(2):219-23. Available from: https://jees.umsida.ac.id/index.php/jees/article/view/867

DeLong S. Teaching methods to encourage independent learning and thinking. New York: United States Military Academy. 2009. Available from:

https://www.westpoint.edu/sites/default/files/inline-images/centers_research/center_for_teching_excellence/PDFs/mtp_project_papers/DeLongS_09.pdf

White C. Chapter 1: Language Learning Strategies in Independent Language Learning: An Overview. In: Hurd S, Lewis T (ed.) Language Learning Strategies in Independent Settings. Bristol, Blue Ridge Summit: Multilingual Matters; 2008. p.3-24. https://doi.org/10.21832/9781847690999-003

Levis J, Suvorov R. Automatic speech recognition. The encyclopedia of applied linguistics. 2012 Nov 5. Available from:

https://www.researchgate.net/publication/261287458_Automatic_Speech_Recognition

McCrocklin SM. Pronunciation learner autonomy: The potential of automatic speech recognition. System. 2016 Apr 1;57:25-42. Available from:

https://www.researchgate.net/publication/293801439_Pronunciation_learner_autonomy_The_potential_of_Automatic_Speech_Recognition

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. vol. 722 (Springer Science & Business Media).

Khalilulah, H. A. (2016). Implementasi Speech Recognition pada Aplikasi Penerjemah Idiom Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia Berbasis Android (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Goodrich, J. M. and Namkung, J. M. (2019). Correlates of reading comprehension and word-problem solving skills of Spanish-speaking dual language learners. Early Childhood Research Quarterly 48, 256–266. doi: 10.1016/j.ecresq.2019. 04.006.

Diaab, S. (2016). Role of faulty instructional methods in Libyan EFL learners’ speaking difficulties. vol. 232, In Procedia - Social and Behavioral Sciences (Elsevier BV), 338–345. doi: 10.1016/j.sbspro.2016.10.032.

Benk, S., Elmir, Y., and Dennai, A. (2019). A Study on Automatic Speech Recognition. Journal of Information and TechnologyReview 10.

Cook, A. M., Polgar, J. M., and M, J. (2014). Assistive technologies-e-book: principles and practice (Elsevier Health Sciences)

Yousem, D. M. (2008). Voice Recognition Dictation. In Radiology Business Practice: How to Succeed (Elsevier Inc), 231–245.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles